Istiqomah Jalankan Visi Misi, PPPA Raudhatul Jannah Semakin Eksis Membentuk Generasi Qur’ani

BANTUL, KRJOGJA.com – Pondok Pesantren Penghafal Al Qur’an (PPPA) Raudhatul Jannah yang terletak di utara Pantai Kuwaru, Dusun Bodowaluh Karang, RT 4, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta mempunyai visi membentuk generasi Qur’ani dari usia dini, mengutamakan anak yatim, tanpa dipungut biaya. Dimasa Pandemi ini terus berusaha keras untuk tetap istiqomah untuk menjalankan visi dan misinya, dengan tetap mematuhi disiplin Protokol kesehatanya, jaga jarak, cuci tangan, menggunakan Masker sebagai usah lahir juga berolah Raga.

Dengan 5 ustadz muda pengasuh lulusan Gontor ini berusaha memaksimalkan potensi yang ada, dengan usaha batiniahnya dengan lebih mendekatkan diri pada Alloh SWT. Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki konsentrasi dalam melahirkan para penghafalan al-Qur’an, pesantren Tahfizh Raudhatul Jannah juga dibekali bahasa Arab dan Bahasa Inggris, bergerak dalam kegiatan keumatan yang memiliki sebuah visi kedepan yang bisa memberdayakan para santri-santrinya bersama masyarakat serta bisa memaksimalkan potensi alam sekitar, sehingga memiliki nilai daya saing dan nilai ekonomi yang tinggi.

Di bulan Ramadan ini beberapa kegiatan berbagi cinta dengan dhuafa/yang berhak menerimanya, digelar dari berbagai ahlinya yang ingin menunaikan kewajibanya membayar zakat, Infak/shodakoh (ZIS) melalui PPPA Raudhatul jannah ini diantaranya dari Merpati Putih, Simponi, Pandu, AA, AT&T, Dosen, Hotel, dan dalam kesempatan tahun ini dapat membagikan kepada santri, anak yatim dan yang berhak menerimanya total ada 105 anak/orang, dengan yang diberikan berupa uang dan paket sumbako.

Beberapa program kerja yang dikembangkan di PPPA Raudhatul Jannah anatra lain

1.Program pelayanan wisata dengan mengikuti program Pondok pesantren bisa belajarl Al-Qur’an, berwisata di sekitaran pantai Kuwaru dan bisa belajar membaca Al Qur’an dari Nol hanya 5 jam saja. Pada saat ini juga sudah disiapka satu kamar untuk tamu yang ingin belajar mondok/ngaji di Raudhatul Jannah, dan sekarang sudah ada yang mengikuti program ini yang di rencanakan selama satu bulan Ramadan ini.

2.Beternak lele dengan sistem sederhana dengan ember, dan saat ini sudah siap panen.

3.Beternak kambing, PPPA Raudhatul Jannah berguru pada Prof Dr Drh Hj Hartiningsih, yang dipelihara oleh masyarakat sekitar, saat ini memiliki lebih kurang 23 ekor kambing. Saat ini sedang dibuat kandang kambing sebagi kandang percontohan. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi santri yang mencintai hewan ternak seperti kambing dan harapannya bisa jadi stimulan bagi santri untuk berprestasi, dan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraaan masyarakat dan membelajaran bagi santri.

Sejak dirintis tahun 2014 oleh Drs H Sidiq Pramana Widagda MM dan Istri DR Rer Nat Hj Lina Aryati, MS, PPPA Raudhatul Jannah hingga kini terus menjaga komitmennya. Para ustadz pengasuh mengajarkan membaca dan menghafal Al Qur’an bagi masyarakat. Selain itu, pengasuh PPPA tersebut saat ini juga merintis mendampingi masyarakat untuk bisa menghafal Al Qur’an, juga berbahasa Inggris dan bahasa Arab. Jumlah santri 80 orang, yang terdiri dari santri anak, remaja, dewasa dan santri orang tua.

Untuk prestasi menghafal Alqur’an ada yang umurnya baru 4 tahun, hafal 3,5 Juz, 7 tahun hafal 17,5 juz. Ada juga ada santri yang masih baru mulai belajar membaca, menghafal, ada yang baru 1 Juz, 2 Juz, 14juz, 18 juz.(*)

BERITA REKOMENDASI