Jagasatru Ingin Parangtritis Aman dan Bebas Hoax

BANTUL, KRJOGJA.com – Berawal dari rasa kepedulian warga masyarakat Mancingan Parangtritis Kretek Bantul terkait keamanan lingkungan sekitar, melahirkan sebuah Paguyuban yang bernama ‘JAGASATRU’ sekitar tahun 2016. Selaras dengan Pergub DIY no. 6 tahun 2019 tentang Jaga Warga memantabkan langkah Jagasatru untuk tetap ada di tengah masyarakat Parangtritis.

Saat ditemui awak media Sabtu (9/5/2020) malam, Handri Sarwoko selaku Pembina Jagasatru menyampaikan bahwa Jagasatru merupakan salah satu ikon dari Parangtritis seperti halnya kalau di Bali ada Pecalang, kalau di Parangtritis ada Jagasatru. Salah satu komitmen dari Jagasatru adalah menciptakan kawasan Parangtritis yang aman dan kondusif.

“Bentuk kegiatan yang dilakukan Jagasatru selain menjaga keamanan lingkungan di kawasan wisata Parangtritis juga menjaga agar kegiatan budaya seperti merti dusun, upacara adat, labuhan maupun kegiatan lain di area Parangtritis dapat berjalan dengan lancar,” jelas Handri.

Surya Wijaya selaku korlap Jagasatru menambahkan bahwa yang paling utama dari kegiatan Jagasatru itu meningkatkan keamanan di sekitar kawasan Parangtritis, jumlah personelnya ada sekitar 50 orang.

BERITA REKOMENDASI