Jalan Berlubang Semakin Bertambah, Warga Minta Segera Diperbaiki

BANTUL, KRJOGJA.com – Kerusakan ruas Jalan Kabupaten di Bantul bakal segera dilakukan perbaikan. Tahun 2018 ini Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPU PKP) Kabupaten Bantul menggarkan dana sebesar Rp 38 miliar.

Sementara pengerjaaan kerusakan tersebut akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan skala prioritas. Oleh karena itu masyarakat diminta sabar karena proses perbaikan sudah dilakukan disejumlah ruas jalan di Bantul.

“Tahun 2018 ini pengerjaan sudah kami mulai, tetapi kan tidak serentak dengan mempertimbangkan tingkat kerusakan. Secara keseluruhan panjang Jalan Kabupaten mencapai 609 km,” ujar Kepala Bidang Bina Marga DPU PKP Bantul, Yudo Wibowo ST, Jumat (2/2/2018).

Dijelaskan, dalam proses penanganan jalan berstatus kabupaten Bantul terbagi dalam tiga ketegori yakni  peningkatan atau rebah, pemeliharaan berkala serta pemeliharaan rutin.  Oleh karena itu DPU PKP Bantul tahun ini sudah melakukan perbaikan jalan sejumlah ruas di Bantul. Sementara untuk jalan penghubung Jalan Lingkar Bantul – Jalan  Cepit Tembi bakal dilakukan secepatnya.  Karena untuk sekarang ini masuk dalam tahap perencanaan.  

Sementara untuk target tahun ini jalan sepanjang 15 km di Bantul bakal dilakukan perbaikan dengan anggaran yang ada. Tetapi jarak 15 km tersebut tidak dalam satu ruas jalan, namun tersebar di Bantul.

“Nanti jika 15 km itu dalam satu ruas, nanti daerah lainnya tidak kebagian. Oleh karena itu dalam penanganan dilakukan  mengedepankan skala prioritas,” ujar Yudo.

Merujuk data  Kantor Dinas PU PKP Bantul, dari jumlah total panjang ruas Jalan Kabupaten itu 74 persen kondisinya baik. Sementara sisaanya atau 26 persen  kondisinya rusak dan perlu penanganan secara khusus. Terkait dengan program pemelihraan  rutin merupakan upaya menjaga untuk menjaga kualitas jalan di Bantul tetap mantab.  

Sedangkan untuk ruas Imogiri Barat dan Timur merupakan berstatus Jalan   Provinsi. Sehingga setiap terjadi kerusakan tentunya jadi kewenangan pemerintah DIY. Sementara Riza salah satu pengguna jalan  yang ditemui di ruas Cepit- Tembi berharap pemerintah Bantul cepat melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan khusunya lubang di Jalan. Karena lubang tersebut sangat membahayakan terhadap pengguna kendaraan.

”Kami berharap lubang di jalan itu segera saja diperbaiki, karena itu sangat berbahaya,” ujarnya. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI