Jalan Cor Blok Demangan Tegal Diresmikan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pelaksanaan Padat Karya Infrastruktur berupa pengecoran jalan (cor blok) yang berlangsung sejak 25 Agustus hingga 17 September 2021 di RT 03 Demangan Tegal Kalurahan Jambidan Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul berhasil menyelesaikan jalan sepanjang 280 meter, dengan lebar 3,5 meter. Dana pengerjaan jalan berasal dari Pemkab Bantul, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, sebesar Rp 100 juta. Dana tersebut terbagi Rp 70 juta berupa material (pasir, pasir batu, dan semen), sedangkan yang Rp 30 juta untuk kepentingan pembayaran ketua kelompok, tukang, dan laden tukang yang sehari-hari terjun langsung dalam proyek tersebut.

Ketua Kelompok Padat Karya Infrastruktur RT 03 Demangan Tegal Yunianto pada peresmian jalan, Sabtu (18/09/2021) menjelaskan dana dari Pemkab Bantul sejumlah Rp 100 juta dialokasikan untuk jalan kurang lebih sepanjang 180 meter. Sisanya sepanjang 100 meter menggunakan dana swadaya warga. Total dana yang dipergunakan untuk menyelesaikan pengerjaan jalan sepanjang 280 meter sebesar Rp 150 juta.

“Alhamdulillah, dana swadaya watga dan para dermawan bisa terkumpul Rp 50 juta sehingga pengerjaan jalan bisa tuntas,” jelas Yunianto.

Hadir dalam acara peresmian, Lurah Desa Jambidan Zubaidi, Kepala Dusun Ponogaran Sardjuki BA, anggota DPRD Kabupaten Bantul (dari Partai Demokrat) Edy Prabowo SE, Ketua RT 03 Demangan Tegal Suyadi, warga RT 04 Demangan Tegal, dan Kelompok Hadroh Fatkhul Qolbi pimpinan Hakim. Acara peresmian jalan diisi pengajian menghadirkan ustad Saifuddin, yang dalam ceramahnya menekankan bahwa kita semua harus mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Yunianto menyampaikan pelaksanaan Padat Karya Infrastruktur yang dananya berasal dari Pemkab Bantul berkaitan dengan pengajuan proposal dari RT 03 Demangan Tegal, yang dikawal oleh anggota DPRD Kabupaten Bantul dari Partai Demokrat, Edy Prabowo SE.Pengajuan proposal disampaikan pada tahun 2020. Sedangkan pelaksanaan pengerjaan jalan sempat tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Edy Prabowo menjelaskan pelaksanaan Padat Karya Infrastruktur merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul yang dikawal oleh para wakil rakyat yang duduk di DPRD Bantul. “Ini merupakan salah satu bukti bahwa Pemkab Bantul dan para wakil rakyat berusaha memperhatikan kepentingan rakyat,” ujar Edy Prabowo.

Mengenai Padat Karya Indrastruktur, Edy Prabowo menjelaskan bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana jalan dan mengurangi pengangguran. Pelaksanaan pembangunan jalan dikerjakan oleh warga yang secara kebetulan belum atau tidak memiliki pekerjaan, sehingga mereka dilibatkan untuk pengerjaan pembangunan jalan, baik sebagai tukang maupun laden tukang.

“Sebagai bukti kebersamaan, setiap harinya ada tambahan tenaga dari sukarelawan yang berasal dari warga setempat,” jelas Edy Prabowo.

Sementara itu Kepala Desa Jambidan Zubaidi menganggap apa yang dilakukan oleh warga RT 03 Demangan Tegal tergolong ‘istimewa’. Dengan modal bantuan Rp 100 juta dari Pemkab Bantul melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, berhasil menyelesaikan jalan (cor blok) sepanjang Rp 280 meter. Bantuan dana itu bisa dikatakan mepet, tetapi berkat rasa handarbeni warga, pengerjaan jalan bisa dituntaskan dengan tambahan dana swadaya warga.

Menurut Zubaidi, semangat gotong royong dan rasa handarbeni itu harus dipertahankan, jika memungkinkan dikembangkan atau ditiru di tempat lain. Zubaidi juga meminta para wakil rakyat terus memperjuangkan kepentingan rakyat di masa mendatang, sehingga upaya menyejahterakan rakyat benar-benar bisa terwujud.

Secara khusus Zubaidi meminta pada Edy Prabowo terus mengawal segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan warga di daerah pemilihannya (Kecamatan Banguntapan dan Kecamatan Piyungan). “Sudah sewajarnya sebagai anggota dewan, Pak Edy Prabowo selalu nggatekke apa yang dibutuhkan warga,” harap Zubaidi.

Zubaidi juga berharap warga RT 03 Demangan Tegal untuk memelihara jalan yang pengerjaannya membutuhkan tenaga dan pikiran dari seluruh warga RT 03 Demangan Tegal. Jangan sampai jalan tersebut cepat rusak karena perawatannya tidak serius. Jika ada kerusakan kecil, Zubaidi berharap segera dilakukan perbaikan agar tidak mremen kerusaknnya. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI