Jalan Parangtritis Dipasang Barier

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Jalur Yogya – Parangtris Bantul tepatnya di selatan simpang empat Druwo Sewon Bantul sepanjang 300 meter dipasang pembatas jalan darurat dengan barier mulai mulai hari ini, Rabu (18/05/2022) dan seterusnya. Pemasangan barier tersebut merupakan hasil rapat atau kesepakatan Forum Lalu Lintas Bantul, meliputi Satlantas, Dinas Perhubungan, PT Jasa Raharja, DPUPR, Satpol PP Bantul dan dinas terkait lainnya.

KBO Satlantas Polres Bantul Iptu Effendi didampingi Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Sri Suharsono di lokasi pemasangan barier depan Samsat Sewon mengungkapkan, jalur lalu-lintas yang dipasang barier tersebut merupakan jalur rawan kecelakaan. Bahkan jalur tersebut tercatat sebagai jalur rawan kecelakaan 10 besar di tanah air. “Sehingga harus dilakukan upaya penekakan di jalur tersebut,” ungkapnya.

Menurut Effendi, pemasangan barier di Jalan Yogya – Parangtris tersebut juga mengadopsi pemasangan barier di Jalur Yogya – Bantul utara gapura masuk kota Bantul wilayah Bakalan. Di jalur tersebut sebelum dipasang barier hampir setiap hari terjadi kecelakaan lalu-lintas. “Tetapi ketika dilakukan uji coba selama 6 bulan dipasang barier hanya terjadi 2 kasus kecelakaan,” imbuhnya.

Sementara Satlantas Polres Bantul saat ini melakukan sosialisasi tertib lalu lintas kepada pengguna jalan di simpang empat PGRI Kasihan. Karena akhir-akhir ini banyak warga yang melapor ke Satlantas Polres Bantul di simpang empat tersebut banyak pelanggaran yang dilakukan pengendaraan kendaraan bermotor, seperti menerobos tanda lampu merah, tidak pakai helm pengaman dan lainnya.

Akibatnya, sehingga sering menimbulkan kemacetan dan gangguan kelancaran lalu- lintas lainnya. Karena itu petugas menindak lanjuti laporan masyarakat untuk dilakukan sosialisasi.

“Selanjutnya mulai Senin (23/05/2022) mendatang pengguna jalan di jalur tersebut yang melakukan pelanggaran lalu-lintas dikenakan tindakan tegas dan dikenakan tilang,” tegasnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI