Jalan Wonosari dan Parangtritis Berpotensi Macet

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Bantul bakal menerapkan sejumlah kebijakan untuk menyambut liburan Natal dan tahun baru. Sejauh ini ruas Yogya – Wonosari dan Yogya – Parangtritis jadi fokus perhatian lantaran berpotensi kemaacetan. Sementara khusus Objek Wisata Hutan Pinus jika terjadi kepadatan bus akan dialihkan lewat Jalan Wonosari atau Pathuk Gununkidul.

“Khusus di Mangunan Dlingo nantinya situasional, jika ada bus sudah terlanjur naik kita arahkan kembalinya lewat Pathuk Gununkidul,” ujar Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Imam Bukhori SIK SH kepada KRJOGJA.com, Rabu (20/12/2017).

Berdasar pengalaman tahun sebelumnya, ketika memasuki liburan Natal dan tahun baru jalur Yogya – Wonosari dipadati wisatawan menuju Gunungkidul. Ketika terjadi kemacetan di tanjakan menuju Gunungkidul dampaknya bakal terjadi kemacetan panjang, oleh karena itu petugas minta agar wisatawan mempersiapkan kendaraan agar tetap prima selama dalam perjalanan.

Imam memprediksi kepadatan kendaraan juga akan terjadi di Jalan Parangtritis. Nantinya jika terjadi antrean panjang menjelang TPR maka kendaraan wisatawan dari arah Yogyakarta akan dialihkan lewat simpang tiga menuju  untuk lewat Jembatan Soko Seloharjo Pundong Bantul.

Sementara Dikyasa Sat Lantas Polres Bantul juga menggelar sosialisasi Operasi Lilin Progo 2017 di tempat ujian praktik SIM di Lapangan Dwi Bantul. Dijelaskan, Operasi Lilin Operasi yang akan mulai 21 Desember hingga 1 Januari 2018 mendatang merupakan kegiatan kemanusiaan dalam membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatan diakhir tahun Natal dan tahun baru.

Dalam Operasi Lilin tahun ini  Sat Lantas Polres Bantul mendirikan satu pos pelayanan di Taman Gabusan serta dan dua pos Pam di Piyungan Bukit Indah dan Kretek Parangtritis. Selain itu, pihaknya juga menggelar kegiatan penertiban pelanggaran lalulintas, fokusnya pada pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. (Roy)

BERITA REKOMENDASI