Jalur Dlingo – Imogiri Mendesak Diperbaiki

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pelaku wisata di kawasan Terong – Mangunan Dlingo mendesak perbaikan jalur jalan arah Terong Dlingo menuju Imogiri. Jalur utama akses rute wisatawan berkunjung tersebut kondisinya saat ini tengah rusak parah.

"Jalur ini adalah akses utama wisatawan menuju kawasan wisata Mangunan Dlingo. Jadi jalur ini vital dan mendesak untuk segera dilakukan perbaikan," ujar Ketua Koperasi Notowono Purwo Harsono atau Ipung.

Ditambahkan Ipung, kondisi saat ini jalur tersebut sempit, rusak dengan banyak lubang di sepanjang jalan. Bahkan sisi kanan dan kiri terkikis air jika hujan lebat.

"Kami pernah mengusulkan pemerintah desa memperbaiki namun belum ada tanggapan hingga saat ini. Maka kami dari pelaku wisata berinisiatif memperbaiki sendiri dengan mengecor dan mengurug tanah serta batu," terangnya.

Ditambahkan Ipung, setelah adanya imbauan kendaraan besar dan bus pariwisata dilarang naik lewat jalur Imogiri-Mangunan dan Jalur Wonolelo-Terong, maka bus melewati Patuk Gunungkidul, kemudian masuk lewat Jalan Terong-Mangunan. Sehingga jalur tersebut saat ini menjadi akses utama bus pariwisata.

Selain itu, jalan tersebut sudah rusak sejak dua tahun lalu namun hingga saat ini belum ada perbaikan. Jika kondisi ini tidak segera diperbaiki maka dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan wisatawan yang lewat. "Saya pikir dari pada melebarkan jalur Jalan Cino Mati, lebih baik prioritas pembangunan dilakukan perbaikan kawasan jalur Dlingo-Imogiri dulu yang lebih mendesak dilakukan," jelas Ipung.

Sebelumnya, Pemkab Bantul merencanakan melakukan pelebaran jalur Cino Mati. Adapun pelebaran kawasan ini dialokasikan mencapai Rp 65 miliar.

Direncanakan pula pelebaran dilakukan bertahap pada tahun ini. Tiga ruas jalan yang rencananya dilebarkan di jalur ini di antaranya ruas jalan Bawuran-Wonolelo sepanjang 1.775 meter, Piyungan-Wonolelo sepanjang 1.225 meter, dan ruas Terong-Wonolelo sepanjang 2.659 meter. Sementara lahan yang akan dibebaskan sepanjang sekitar 42.267 meter. (Aje)

BERITA REKOMENDASI