Janabadra Ciptakan Alat Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Minyak

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Anggota DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM mengunjungi penerapan inovasi alat pengolah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) di Bank Sampah Gerbang Pilah di Dusun Siten Desa Sumbermulyo Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul, Senin (7/12). Inovasi alat pengolah limbah plastik jadi bahan bakar minyak tersebut merupakan hasil kerjasama Universitas Janabadra Yogyakarta dan masyarakat Dusun Siten.

Politisi Partai Golkar itu juga membantu senilai Rp 50 juta untuk pengembangan usaha pengolahan limbah plastik berbasis masyarakat itu. Selain mengunjungi Dusun Sitan Gandung Pardiman juga mampir di Dusun Plumbungan Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul dan membantu Rp 50 juta.

Dalam kunjungannya, Gandung didampingi Camat Bambanglipuro Lukas Sumanasa MKes, Lurah Desa Sumbermulyo, Ani Widayani.

Gandung Pardiman mengatakan, keberadaan alat pengolah limbah plastik menjadi minyak sangat penting dan multi manfaat bagi masyarakat. Sampah plastik ketika dibiarkan bisa merusak tanah dan juga lingkungan. Dengan alat pengolah limbah plastik buatan Universitas Janabadra Yogyakarta ini setelah mengolah plastik jadi minyak limbanya kurang dari 5 %.

BERITA REKOMENDASI