Jembatan Kenet Imogiri Rusak Parah, Roda Empat Tidak Boleh Melintas

BANTUL, KRJOGJA.com – Kerusakan jembatan Kenet Selopamioro, Imogiri, Bantul makin meluas. Bahkan saat ini kondisinya semakin memprihatinkan dan berpotensi terjadi longsor susulan jika debit air terus mengalami peningkatan. Sementara dari Bina Marga DIY kini memasang pengaman karena jalan difungsikan separuh.

“Rencananya jalan Imogiri -Panggang ini ditutup total khusus roda empat, roda dua masih bisa melintas,” ujar Staf Bina Marga DIY, Ikhsanudin AMd T ditemui sela pengecekan jembatan, Selasa (10/3/2020).

Keputusan penutupan Jembatan Kenet tersebut diambil setelah melihat kerusakan disisi kiri dan kanan jembatan makin parah. Jika kendaraan roda empat tetap diperbolehkan lewat tentu sangat membahayakan.

“Dinas Perhubungan DIY sudah melakukan monitoring jalan alternatif jika jembatan tersebut sudah ditutup untuk kendaraan roda empat,” ujar Ikhsanudin.

Terpenting saat ini ialah mencari jalan alternatif khusus roda empat. Jangan sampai masyarakat terganggu aktivitasnya setelah jembatan ditutup total. Selama ini ruas tersebut jadi tumpuan warga dari Gunungkidul yang ke Bantul dan Sebaliknya dari Bantul ke Gunungkidul.

Sebagaimana diketahui, jembatan dibangun sekitar 1985-1986 silam. Sedang Sumadi, warga yang rumahnya dekat dengan Jembatan Kenet mengatakan, bangunan talut sayap kiri dan kanan mulai ambrol pertengahan Februari lalu ketika hujan deras. Waktu itu ambrolnya sepanjang tujuh meter dan tinggi sekitar 20 meter, tetapi kini semakin melebar. Sumadi berharap jembatan diperbaiki lantaran satu-satunya akses dari Imogiri-Panggang Gunungkidul dan sebaliknya.(Roy)

BERITA REKOMENDASI