Jika Pedagang Bandel Tak Laksanakan Prokes, Pasar Bakal Ditutup

BANTUL, KRJOGJA.com – Pasar Gathak Kapanewon Bambanglipuro Bantul bakal ditutup jika pedagang tidak mengindahkan imbauan mengenakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan (Prokes). Kebijakan tegas diambil sebagai buntut meninggalnya salah satu pedagang akibat Covid-19. Sementara pantauan KRJOGJA.com di lapangan, Minggu (14/2/2021) siang pasar tampak lengang.

Lurah Sumbermulyo Ani Widayani mengatakan Tim PTKM berbasis mikro telah melakukan rapat koordinasi Mingggu (14/2/2021) bersama stakeholder terkait. Dalam koordinasi tersebut memunculkan keputusan jika ada pedagang tidak mengenakan masker, pasar akan ditutup. “Kami tidak ingin peristiwa meninggalnya pedagang pasar terulang kembali. Oleh karena itu, sanksi bersifat tanggung renteng. Ketika ada satu pedagang tidak bermasker pedagang semua dikenai sanksi,” ujarnya.

Dijelaskan, sanksi bagi pedagang tidak bermasker efektif mulai Senin (15/2/2021) hingga (28/2/2021) mendatang. “Dalam pengawasannya ada Tim PTKM berbasis mikro melakukan pemantauan di pasar, begitu menemukan pedagang tidak menggunakan masker. Pasar akan ditutup hari berikutnya selama tiga hari,” jelas Ani.

BERITA REKOMENDASI