Jika Tidak Efektif, PTKM Jangan Diteruskan

kRETEK, KRJOGJA.com – Kebijakan pemerintah Jawa Tengah agar warganya dua hari di rumah saja, Sabtu-Minggu (6-7/2), berdampak terhadap kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis. Terjadi penurunan kunjungan wisatawan setelah kebijakan tersebut diterapkan meski tidak signifikan. Merujuk data Dinas Pariwisata Bantul, Sabtu (5/2) jumlah kunjungan di Parangtritis 2.630, pantai di wilayah Sanden dan Srandakan 347 pengunjung, Goa Cerme 11 orang. Padahal Sabtu sebelum kebijakan pemerintah Jateng diberlakukan Parangtritis 2.990.

Komandan SAR Satlinmas Wilayah III, Kabupaten Bantul, Ali Sutanta Joko Saputra Minggu (7/2) mengatakan, sejak pagi hingga siang wisatawan sangat lengang. “Ibaratnya wisatawan bisa dihitung dengan jari, ada penurunan jumlah kunjungan,” jelasnya. Wisatawan keluarga bermobil pribadi berkurang apalagi rombongan wisatawan dengan bus.

Ali mensinyalir, redupnya kunjungan wisatawan di Parangtritis erat kaitanya dengan kebijakan warga Jateng mesti di rumah selama dua hari. “Kalau kebijakan Jateng di rumah saja dampaknya juga dirasakan hingga Bantul praktis, karena sebagian besar wisatawan dari Jateng,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI