Jika Tidak Efektif, PTKM Jangan Diteruskan

Sementara, Ketua Koperasi Wisata Mina Bahari 45, Pantai Depok Sutarlan tidak menampik, kunjungan wisatawan ke Pantai Depok turun. Meski begitu, pengelola rumah makan seafood tetap dikunjungi wisatawan.

Sutarlan menjelaskan, banyak mobil pribadi berplat nomor polisi Jawa Tengah juga datang ke Pantai Depok. “Yang jelas banyak mobil berplat nomor polisi Jawa Tengah yang berkunjung ke Pantai Depok untuk menikmati kuliner seafood,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Dra Annihayah, MEng mengatakan, kebijakan di rumah saja diakhir pekan digulirkan Pemprov Jateng tentu berdampak terhadap kunjungan wisata di Bantul. Apalagi ketika PTKM ini, kunjungan harian dengan akhir pekan hampir sama yakni sekitar 1000 wisatawan bahkan bisa turun.

Annihayah menegaskan, ketika Presiden Jokowi mengatakan ketika PTKM dinilai kurang effektif menurunkan angka penularan COVID-19. Sebaiknya tidak diteruskan, karena dampaknya sangat besar bagi pengelola sektor wisata. “Saya itu ketika berkunjung ke objek wisata “ngelus dada” melihat warung-warung sepi pengunjung, pedagang cuma bengong, hati tidak tega” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI