Joko Purnomo Sampaikan Keunggulan Program Padat Karya

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pencanangan kegiatan padat karya infrastruktur melalui mekanisme Bantuan Keuangan Khsusus (BKK) Pemda DIY tahun anggaran 2022 digelar di Dusun Mancingan RT 07 Kalurahan Parangtritis Kretek Bantul. Program tersebut jadi andalan pemerintah Kabupaten Bantul mengurai persoalan pengangguran. Hampir 6.000 tenaga kerja lebih terserap dalam program padat karya yang tersebar di 166 titik di Kabupaten Bantul tersebut.

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo mengatakan, jika khusus di Kapanewon Kretek terdapat 7 titik kegiatan padat karya. “Kenapa padat karya ini menjadi yang dipopulerkan. Karena ada beberapa manfaat, pertama ketika program pembangunan lingkungan menggunakan pola padat karya. Manfaat pertama, masyarakat bisa menentukan kebutuhan pembangunan sendiri sesuai kebutuhan, karena masyarakat yang mengusulkan,” ujarnya.

Selian itu program dikerjakan oleh masyarakat sendiri. Artinya dari aspek kualitas bisa lebih baik, termasuk ada upah baik untuk tukang dan tenaganya tentu hal tersebut bisa dirasakan masyarakat penerima program.

“Hampir 6.000 orang terserap menjadi tenaga kerja dari program padat karya ini. Kita bersyukur, membangun Bantul yang harmonis sejahtera berkeadilan salah satunya lewat program ini,” ujarnya.

Joko mengatakan keunggulan program padat karya masyarakat bisa membangun sesuai kebutuhan diwilayah masing masing. Selain itu Joko Purnomo juga mengatakan dalam melaksanakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Bantul juga bersinergi dengan TNI dan Polri.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bantul Siti Astuti SE mengatakan tujuan digulirkannya program padat karya ialah menekan angka pengangguran, setengah penganggur dan masyarakat miskin. Tidak kalah penting untuk memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong serta meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pusat layanan sosial.

“Selain itu juga dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pengembangan masyarakat ke arah yang lebih baik dan untuk menumbuhkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI