Kampoeng Mataraman Magnet Wisata di Panggungharjo

SEWON, KRJOGJA.com – Dua bulan beroperasi, Kampoeng Mataraman  di Jalan Ringroad Selatang Panggungharjo Sewon Bantul mendapat sambutan hangat wisatawan. Tidak kurang 4.000 wisatawan sudah menikmati suasana unik, menarik, ndeso dan menyenangkan dengan kuliner khas lokal Ndeso yang sehat tanpa MSG

"Maka untuk semakin mengenalkan Kampoeng Mataram kita menggelar Padhang Bulanan, even bulanan setiap tanggal 14 kalender Jawa di Kampoeng Mataraman," papar Manajer Program Kampoeng Mataraman, Panji Kusuma kepada KRJogja.com, Selasa (05/09/2017) di sela Workshop Kriya Desa dalam rangkaian acara Padang Bulanan.  

Dengan tagline Sinambi Wedangan lan icip icip masakan Ndeso, masyarakat yang hadir bisa menikmati kuliner khas dan mengikuti Workshop Kriya Desa pada siang hingga sore, dan malamnya saat bulan purnama bisa menikmati pentas seni dan Lajar Tantjep Bioskop Ndeso dari potensi warga setempat.    

"Ide Kampoeng Mataraman dari Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi yang ingin memaksimalkan potensi tanah kas desa seluas 5 ha ini bisa menyatu dengan potensi warga Panggungharjo dengan menyiapkan pasar seni tradisional yang menarik dan dapat mewadahi masyarakat kelas menengah ke bawah yang mempunyai potensi pertanian terpadu, ramah lingkungan dan berbagai olahan pascapanen  berbagai kerajinan dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Workshop Kriya Desa dari tani, tenun lurik, butik, wayang tanpa pola, dan mainan ramah lingkungan semua dari warga Panggungharjo. "Demikian pula pentas seni dari Sanggar Tari Saraswati, Pramudyastuti, Shadow Batik dari Omah Kreatif Dongaji, Mocopat Panggung Raras Budaya, Kidung Rakyat 08, Swara Kenya, dan film-film pendek Lajar Tantjep Bioskop Ndeso semua menggambarkan semangat warga Panggungharjo dalam berkarya," jelas Panji. (M-3)

BERITA REKOMENDASI