Kampung ‘Dirubung Laler’, Warga Kuden Gruduk Pemkab

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRJogja.com) – Massa dari Pedukuhan Kuden Desa Sitimulyo Piyungan Bantul menggruduk kompleks Parasamya Bantul, Rabu (28/2). Aksi warga disulut adanya pencemaran udara akibat kandang ayam milik warga berinisial Md yang mengganggu kenyamanan warga.

Massa mendesak pemerintah daerah segera menutup kandang ayam tersebut. Kandang ayam yang berjumlah belasan itu hingga kini masih berdiri tanpa memperhatikan keluhan warga.

Salah satu peserta demo yang rumahnya dekat lokasi tempat budidaya ayam, Yayuk Rahayu (47) mengatakan, kandang tersebut sudah beroperasi sejak belasan tahun lalu.  Sedang letak bangunan kandang ayam sangat berdekatan dengan pemukiman warga.

Lebih parah lagi setelah kandang itu ada, ribuan lalat berkeliaran hingga kampung Kuden. "Warga sangat terganggu dengan adanya ribuan lalat itu," ujarnya. 

Soal Kasus Kandang Ayam Kuden, Satpol PP Akui Tak Punya Pegangan Aturan
Keluhan Bau Kandang Ayam Tak Digubris, Warga 'Kemropok'
 

Sudah lama masyarakat sangat terganggu lantaran bau dan lalat masuk ke rumah-rumah warga tanpa bisa dicegah. Dengan kondisi seperti itu warga dengan tegas minta agar kandang secepatnya ditutup.

Sementara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul memastikan kandang ayam tersebut tanpa dilengkapi izin. (Roy)

BERITA REKOMENDASI