Kapolres Bantul Apresiasi Inisiator Rumah Mediasi

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Kapolres Bantul, AKBP Ihsan SIK memberikan piagam penghargaan kepada inisiator Rumah Mediasi di Kalurahan Canden Jetis Bantul. Yakni Babinkamtipmas Polsek Jetis Kalurahan Canden Aiptu Heri Pratama, Babinsa Koramil Jetis Kalurahan Canden dan Lurah Canden AKBP (Purn) Beja WTP SH MH Li.

Penyerahan piagam penghargaan melalui SK Kapolres Bantul No Kep 108/VI/Kep/2022 dilakukan di Pendapa Balai Kalurahan Canden Jetis dengan disaksikan Panewu Jetis Anwar NF SSTP MEng dan semua Kapolsek se Polres Bantul, Rabu (22/6).

“Saya datang di Kalurahan Canden ini khusus menyampaikan apresiasi dan menyerahkan surat penghargaan kepada tiga pilar di Kalurahan Canden, yakni Babinkamtibmas, Babinsa dan Lurah yang telah menginisiasi pendirian Rumah Mediasi pertama di DIY. Ini inovasi yang sangat cemerlang,” ungkap Kapolres Bantul.

Menurut Kapolres Bantul, pembentukan atau pendirian Rumah Mediasi di Kalurahan Canden yang sudah eksis selama satu tahun atau sejak tahun 2021 ini sangat bermanfaat dan sudah dirasakan oleh masyarakat. Pendirian Rumah Mediasi ini bisa menghemat pengeluaran anggaran negara untuk proses pempidanaan, mulai dari pemberian makanan selama dalam tahanan, penyidikan hingga persidangan bisa mengeluarkan dana puluhan juta rupiah.

Pendirian Rumah Mediasi ini juga selaras dengan kebijakan di Polri, yakni program Restorasi Justice atau Keadilan Restorasi. Yakni sebuah pendekatan yang ingin mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan pelaku yang kadang melibatkan pemuka masyarakat. Dengan menerapan hukum pidana paling akhir apabila mediasi tidak ada kesepakatan dalam suatu permasalahan.

“Penyelesaian masalah, kalau masih bisa dimediasi dan selesaikan secara musyawarah mufakat, itu kan sesuai karakter bangsa Indonesia yang sering menempuh jalan musyawarah mufakat tersebut,” tambah Kapolres Bantul.

Karena itu dalam penyerahan piagam penghargaan di Canden tersebut, semua Kapolsek se Polres Bantul diundang untuk menyaksikan dan diminta masing-masing Kapolsek juga mendirikan Rumah Mediasi, setidaknya ada satu Rumah Mediasi di satu Polsek.

Sementara Lurah Canden, Beja WTP menjelaskan, pendirian Rumah Mediasi ini telah mendapat perhatian Gubernur DIY melalui Biro Hukum yang diharap akan memberikan fasisitas untuk Rumah Mediasi yang tidak mengganggu tugas- tugas di Kalurahan. ( Jdm ).

 

BERITA REKOMENDASI