Kapolres : Kunjungan ke Panti Bentuk Perhatian Kami

Editor: KRjogja/Gus

KASIHAN (KRJogja.com) – Tim Polres Bantul Peduli mengunjungi Panti Sosial Tresna Wredha (PSTW) DIY di Kasihan Bantul, Kamis (7/6). Dalam kunjungan itu juga diserahkan sejumlah kebutuhan penghuni panti serta uang tali asih. Penyerahan santunan diberikan langsung Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi  Hasibuan SIK SH MH didampingi Kasat Lantas Polres Bantul AKP Cerryn Nova Madang Putri SH MM dan Kasubag Humas Polres Bantul AKP Sulistiyaningsih, Pakor Polwan Polres Bantul AKP Rapiqoh SH.

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan, mengatakan santunan yang diberikan ke penghuni panti sebenarnya merupakan bagian dari program rutin Polres Bantul Peduli.  Kunjungan ke PSTW kebetulan bertepatan dengan Bulan Ramadan. Padalah sebelumnya sejumlah  warga kurang mampu di Bantul sudah dikunjungi rombongan. 

Sahat mengungkapkan, pemberian santunan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap penghuni panti yang kebanyakan hidup seorang diri. "Program Polres Bantul Peduli ini sudah berlangsung cukup lama memang, dana untuk menjalankan kegiatan ini digalang dari semua anggota jajaran di Polres Bantul," ujar Sahat. Olah karena itu, Polres Bantul Peduli dinilai ini sangat tepat sebagai media silaturahmi polri kepolisian dengan masyarakat.

Sementara  Kepala Balai PSTW DIY, Fatchan mengatakan sekarang ini penghuni panti berjumlah 88 orang. Dari panti memberikan pendampingan kepada penghuni. Mulai dari pendampingan mental yang meliputi bidang keagamaan hingga  keterampilan. Selain itu, dari panti juga memberikan kegiatan dalam bentuk senam pagi keterampilan hingga pemeriksaan kesehatan. "Kami dari panti berusaha memberikan yang terbaik, artinya kebutuhan rohani serta fisik semua harus terpenuhi sesaui dengan kebutuhan," ujarnya.

Paling utama kebutuhan orang yang masuk lanjut  usia salah satunya motivasi agar tetap semangat menjalani sisa hidupnya. Bagi meraka yang sudah lansia sangat membutuhkan  pendampingan dan didorong untuk rajin dalam beribadah. "Kami mendampingi untuk memenuhi kebutuhan lahir dan batin mereka," ujarnya . Paling penting ketika menghadapi orang yang sudah lanjut usia harus berbuat dengan hati dan ikhlas. Fatchan mengatakan, lingkungan PSTW didesain seperti rumah mereka sendiri.  Dengan konsep itu penghuni panti merasa nyaman dan tentram. (Roy)

BERITA REKOMENDASI