Karya Akan Didaftarkan HAKI, FSMR ISI Gelar Pameran Virtual

BANTUL, KRJOGJA.com – Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) ISI Yogyakarta akan menggelar pameran virtual di era pandemi Covid-19 ini. Pameran yang bertajuk Jalan Menuju Media Kreatif (JMMK#12) akan menampilkan karya-karya terbaik dari dalam dan luar negeri. Sementara itu dari hasil karya terbaik akan didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Pembantu Dekan Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta Pamungkas Wahyu Setyanto Rabu (21/10) menuturkan event tahunan ini baru pertama kali dilakukan secara virtual karena pandemi.

Pameran berlangsung mulai 23 Oktober-23 November 2020 itu mengusung tema ‘Media kreatif di Masa Pandemi Corona’. “Yang berbeda dari pameran ini , nantinya akan ada beberapa karya unggulan yang akan langsung didaftarkan hak kekayaan intelektualnya (HAKI). Hak publikasi mengatasnamakan lembaga ISI meski penciptanya tetap individu,” ujar Pamungkas.

Ketua Panitia JMMK#12, Latief Rakhman Hakim menambahkan dalam pameran
menampilkan sejumlah karya mahasiswa, dosen, dan peserta tamu dari berbagai perguruan tinggi seni di Indonesia, maupun luar negeri, seperti dari Universitas Teknologi MARA Malaysia, Royal Melbourne Institute of Technology Australia, University of Tasmania. “Ada 36 karya fotografi yang lolos seleksi untuk ditampilkan dalam JMMK#12 ini.

Sementara animasi terdapat 30 karya yang masuk hasil seleksi, dan 35 karya film pendek fiksi, film pendek dokumenter, video seni, serta karya skenario yang terkurasi dalam pameran ini,”jelasnya.

Pameran tahunan JMMK ini sendiri biasanya digelar di berbagai daerah dengan melibatkan banyak perguruan tinggi seni, bahkan perguruan tinggi luar negeri. Pameran sebelumnya diselenggarakan di kota-kota seperti di Bandung, Bali, Padang, Surabaya, Malang, Jakarta. (Aje)

BERITA REKOMENDASI