Kasdim Bantul Ingatkan Mahasiswa Amalkan Empat Pilar Kebangsaan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno mengingatkan kepada para generasi muda untuk selalu mengamalkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Empat pilar kebangsaan yang didalamnya memuat nilai-nilai Pancasila, UUD 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika akan membentuk kaum muda menjadi generasi berjiwa patriot. Bekal inilah yang membawa Indonesia menjadi kuat sehingga dapat menjadi bangsa yang besar.

“Masa depan bangsa Indonesia ada di pundak generasi muda. Akan jadi apa bangsa Indonesia tergantung dengan apa yang dilakukan para kaum muda saat ini. Empat pilar kebangsaan tak boleh dilupakan dan harus selalu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Suwarno saat memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan di hadapan sekitar 900 mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) di kampus setempat, Sabtu (09/09/2017).

Dengan tema ‘Penguatan Empat Pilar Kebangsaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Indonesia’, Kasdim ingin mengajak para mahasiswa untuk berjuang dengan cara masing-masing. Bentuk perjuangan saat ini menurut Suwarno tentunya berbeda dengan apa yang dilakukan para pendahulu yang telah memerdekakan Indonesia.

“Perjuangan saat ini tidak dengan mengangkat senjata, melainkan mengisinya dengan pembangunan di segala bidang. Sebagai mahasiswa, belajar dengan tekun agar lulus dengan nilai baik, memiliki cita-cita yang luhur dan menjadi generasi Pancasila itu sudah merupakan bentuk perjuangan mengisi kemerdekaan bangsa,” jelasnya.

Suwarno berharap para kaum muda tak kehilangan arah serta tujuan dalam hidup. Massa pencarian identitas harus dimaknai dengan positif dan tak boleh keluar dari semangat empat pilar kebangsaan. (Van)

BERITA REKOMENDASI