Kasus Bawang Nawungan, Kepala DPPKP: Pelunasan Sabtu Pekan Ini

BANTUL, KRJOGJA.com – Tertundanya pembayaran bawang merah milik petani Nawungan Kalurahan Selopamioro Kapanewon Imogiri senilai Rp 340 juta belum juga tuntas. Sementara Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul berusaha menjembatani agar pembayaran bisa dilakukan Sabtu pekan ini.

“DPPKP Kabupaten Bantul sama sekali tidak memberikan rekomendasi kepada mereka (Koperasi -red), karena mereka itu sebenarnya tamu. Kemudian melihat bawang merah tertarik membelinya. Jika kita merekomendasi ada hitam diatas putih, ada MoU, mereka berkomitmen sendiri,” ujar Kepala DPPKP Bantul, Yus Warseno, Kamis (12/8/2021).

Polemik petani bawang merah Nawungan Selopamioro Koperasi 3M merupakan kasus perdata. Ketakutan pembelinya bisa diproses hukum, sehingga nantinya petani dirugikan karena bawang merah tidak terbayarkan. “Ini perdata, bisa dihukum, oleh karena itu saya tidak mau berbicara yang mengerikan karena petani akan dirugikan. Harus dipertemukan antara dinas, petani dan koperasinya,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI