Kawanan Monyet Turun Gunung, Masuk Pekarangan Warga

Editor: Ary B Prass

IMOGIRI, KRJogja.com- Puluhan Makaka atau sejenis monyet dari famili Cercopithecidea mulai  turun ke permukiman warga  di Padukuhan Pengkol, Kalurahan Sriharjo Kapanewon Imogiri Bantul. Kawanan monyet tersebut ditengarai kehabisan makanan di habitatnya. Sehingga  mencari makan di pekarangan rumah warga.
Lurah Sriharjo Kapanewon Imogiri, Titik Istiwayatun Khasanah, SPd, Selasa (7/9/2021) mengatakan, jika sejak beberapa waktu lalu makaka terlihat di pekarangan rumah warga di Pengkol, Kalurahan Sriharjo. Satwa tersebut kemungkinan mencari makanan setelah sumber makanan di kawasan pertanian mulai habis.
“Salah satunya terlihat di rumah Pak Subani. Dengan kejadian tersebut pihaknya tengah mencari solusi agar  makaka ini tidak menjadi hama. Menurut warga makaka koloninya berjumlah ratusan,” jelasnya.
Titik menjelaskan, kalurahan sudah  berkoordinasi dengan BKSD DIY supaya persoalan makaka segera teratasi. Salah satunya  masyarakat harus  menyiapkan diri hidup berdampingan dengan makaka.
“Tidak ada pilihan, selain hidup berdampingan dengan makaka. Untuk itu kita sedang berkoordinasi agar masyarakat bisa berdampingan hidup dengan makaka,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI