Kecelakaan di Ringroad Selatan, Korban Akhirnya Meninggal

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Kecelakaan maut yang melibatkan Honda Kharisma B-3653-PAY dan Honda HRV B-2368-BRV di Jalan Ringroad Selatan yang berada di Dusun Rejokusuman Tamanan Banguntapan Bantul, Rabu (08/12/2021) malam merenggut korban jiwa. Pengendara sepeda motor bernama Abdan Syakira (20) asal Aceh akhirnya meninggal di rumah sakit dengan luka dibagian kepala.

Kasat Lantas Polres Bantul Polda DIY, AKP Gunawan Setiyabudi SH MM didampingi Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Bantul, Iptu Maryana SH, Kamis (09/12/2021) malam mengungkapkan jika korban pengendara sepeda motor meninggal di rumah sakit. “Kita akan koordinasikan dengan pihak terkait agar diberikan penerangan jalan hal tersebut sebagai bentuk pencegahan,” ujar Gunawan Setiyabudi.

Sebagaimana diketahui peristiwa memilukan tersebut bermula ketika pengendara Kharisma B-3653-PAY melaju di jalur lambat ringroad selatan dari timur ke barat. Setelah sampai di lokasi kejadian atau penggal Jalan Rejokusuman pengendara Honda Kharisma masuk ke jalur cepat untuk putar arah.

Diduga ketika belok kurang memperhatikan laju kendaraan dijalur cepat, bersamaan dengan itu di jalur cepat dari timur melaju Honda HRV B-2368-BRV yang disopiri Apsari Daniswara (20) yang tinggal di Aparteman Jalan Kaliurang Sleman. Karena jarak terlalu dekat perempuan tersebut tidak sempat menghindar sehingga terjadi benturan keras. Pembonceng Honda Kharisma Fandy Firmansyah (20) asal Aceh terpental dan Honda HRV B-2368-BRV terbalik di atas pembatas jalan.

Sementara Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) dan organisasi mahasiswa Aceh di Yogyakarta, Taman Pelajar Aceh (TPA) di Yogyakarta memfasilitasi pemulangan jenazah korban ke Kampung Baru Takengon Barat Kecamatan Laut Tawar Aceh Tengah, Kamis (09/12/2021).

Kepala BPPA, Almuniza Kamal SSTP MSi mengatakan jika jenazah dipulangkan dari Yogyakarta menggunakan ambulans menuju Bandara Soekarno – Hatta. “Pemulangan juga didampingi mahasiswa Aceh di Yogyakarta. Setelah sampai di Bandara Soekarno Hatta disambut kawan-kawan PAS di Jakarta serta dari BPPA,” ujar Almuniza.

Selanjutnya jenazah korban dipulangkan dengan pesawat tujuan Bandara Kualanamu Sumatera Utara kemudian dijemput tim PAS Aceh untuk diantar ke kampung halamannya menggunakan ambulans. Almuniza mengatakan jika pemulangan jenazah warga Aceh kurang mampu di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya selalu difasilitasi Pemerintah Aceh, karena itu juga merupakan amanah dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Hal ini amanah dari Isteri Gubernur, Ny Dyah Erti Idawati untuk membantu memfasilitasi pemulangan jenazah dan bekerja sama dengan mahasiswa Aceh dan paguyuban Aceh,” ujarnya.

Ketua Umum PAS Akhyar Kamil SH mengatakan, pihaknya siap membantu mengantarkan jenazah almarhum sampai ke kampung halamannya. Ketua Taman Pelajar Aceh (TPA) Yogyakarta, Wahyu Zia Ulhaq mengatakan korban masih berstatus mahasiswa di Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta. “Almarhum membonceng sepeda motor kawannya ditabrak dari belakang sebuah mobil pribadi,” jelasnya.

Setelah kejadian korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yogyakarta untuk mendapatkan penanganan medis. Namun sekitar pukul 22.45 WIB korban meninggal dunia. (Roy)

BERITA REKOMENDASI