Kembalikan Kejayaan Samas, Hilangkan Labeling Negatif

Editor: KRjogja/Gus

SANDEN, KRJOGJA.com – Pantai Samas Desa Srigading Kecamatan Sanden Bantul hingga kini masih kesulitan bersaing  dengan objek wisata lainnya. Bahkan wisatawan seolah enggan melirik Samas untuk tempat berlibur. Dalam satu dekade terakhir Samas justru lebih dikenal sebagai kawasan prostitusi. Sementara Pemerintah Desa (Pemdes) Srigading gencar membuat terobosan  untuk mengembalikan kejayaan Pantai Samas.

Kepala Desa Srigading Sanden Bantul, Wahyu Widodo SE, Selasa (8 I 10) mengatakan, pihaknya kini tengah merintis destinasi wisata yang punya daya tarik agama dan budaya. Pemdes juga  mempercepat proses penataan  hunian dengan konsep seluruh ruko berbentuk rumah adat limasan. “Bentuk limasan itu filosofinya semangat untuk kembali ke masa kejayaan,” ujarnya. Sementara konsep jalan wisata di Samas  sebagai terminal induk dan penghubung antar objek di kawasan itu.

Menurut Wahyu, dengan semangat dan tekad segara mukti dapat mewujudkan Srigading sejahtera lahir dan batin. Semangat mengembalikan kejayaan Samas cukup beralasan. Kawasan tersebut pernah berada dipuncak kejayaan sekitar tahun 1986. Waktu itu Samas menjadi objek pantai paling diburu wisatawan. Namun seiring berjalannya waktu, citra Samas berangsur surut.

Wisatawan justru berpaling ke Parangtritis dan sejumlah objek lainnya. Sementara Pantai Samas kini semakin terpuruk. Wahyu mengungkapkan, dalam membangun Samas Pemdes juga terbantu  dengan adanya visi dan misi Gubernur DIY.  Bahwa kawasan selatan Bantul didesain sebagai halaman muka DIY. Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto HP SSos mengatakan,  kini Pemerintah Bantul telah membangun infrastruktur berupa taman dan halaman parkir disisi utara  Mako Polair. “Akses jalan alternatif dari Samas-Pandansari dibangun dengan anggaran Rp 3,5 miliar,” ujarnya.

Samas sebenarnya punya pontensi menarik yang laik dijadikan komoditas wisatawan.  Tetapi banyak hambatan ketika akan mengangkat potensi Samas itu. Nanti begitu selesai taman parkir dibangun. Jalan Samas-Pandansari sepanjang empat kilometer akan dibereskan secara bertahap. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI