Kemelut Brambang Nawungan, Abdul Halim Muslih Bakal Berikan Dana Talangan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Petani bawang merah Nawungan Selopamioro Kapanewon Imogiri Bantul akhirnya bisa bernapas lega. Pasalnya Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih secara pribadi bakal memberikan dana talangan kekurangan pembayaran bagi 26 petani. Besaran dana talangan yang diberikan Rp 6.700/kg sesuai break even point (BEP) petani.

Persoalan pelik membelit petani Nawungan ketika panen raya Bulan Mei 2021. Waktu itu datang perusahaan dengan bendera PT 3M sanggup membeli brambang petani dengan harga Pp 17.000 /kg. Namun hingga sekarang sedikitnya 26 petani yang tergabung dalam wadah Gapoktan Lestari Mulyo, Dusun Nawungan, belum menerima pembayaran jumlahnya sekitar Rp 348 juta.

“Saya dan Pak Dukuh (Jurianto-red), dan pengurus kelompok sudah dipanggil Pak Bupati Halim terkait dana talangan, Alhamdulillah Pak Halim secara pribadi sudah membantu petani Nawungan,” ujar Ketua Gapoktan Lestari Mulyo, Dusun Nawungan, Juwari usai dipanggil Bupati Halim, Senin (27/09/2021).

Kebijakan Abdul Halim Muslih memberikan dana talangan seolah wujud impian yang dinantikan berbulan-bulan. Besaran dana talangan menyesuaikan dengan hasil kajian tim ahli diangka Rp 6.70,/kg. Setelah dipanggil Bupati pihaknya akan segera mengadakan pertemuan dengan petani terkait dengan Solusi yang ditawarkan.

“Tadi kami dipanggil Pak Halim kemudian disampaikan bahwa Pak Halim akan memberikan dana talangan sesuai perhitungan Rp 6.700,/kg dan kami setuju,” jelasnya.

Menurut Juwari, kebijakan Abdul Halim memberikan dana talangan harus disyukuri sudah membantu rakyatnya yang tengah menghadapi persoalan sulit. “Alhamdulilah, Alhamdulilah, trimakasih Pak Halim petani Nawungan sudah dibantu,” ujar Juwari.

Sementara Koordinator Tim Advokasi DPD PAN Bantul, Herry Fahamsyah Minggu malam juga audiensi dengan Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih. Dalam pertemuan itu, bupati akan memberikan dana talangan dan program untuk petani Nawungan.

Dalam pertemuan tersebut, bupati juga mendorong agar kisruh soal bawang merah tersebut diproses secara hukum. Harapannya, tidak terulang lagi penipuan menimpa petani. “Agar ada efek jera dan tidak terjadi lagi. Jangan sampai petani di Bantul jadi korban seperti yang terjadi di Nawungan,” jelas Hery.

Dijelaskan, sebagai partai pengusung bupati dalam Pilkada Bantul. Selain itu Nawungan juga daerah konstituennya PAN harus ikut berjuang, salah satunya dengan mendorong kemelut bawang merah di Nawungan diselesaikan secepatnya.

“Kami menaari win win solution agar nantinya petani tidak dirugikan walaupun proses hukum harus tetap berjalan,” jelasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI