Kemenag Bantul Lolos Visitasi  Monev Keterbukaan Informasi

Editor: Ary B Prass

 

BANTUL, KRJOGJA.com- Tim Komisi Informasi Daerah (KID) DIY melakukan penilaian atau monitoring dan evaluasi (Monev) keterbukaan informasi 2021 di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul. Tim penilai yang diketuai Agus Purwanta SKM dan empat anggotanya diterima Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Bantul Kamis (14/10/2021).
KID-DIY sebelumnya telah menyelesaikan penilaian tahap pertama atau tahap pemeringkatan badan publik dan Kemenag Bantul  dinyatakan lolos untuk maju ke tahap dua, yakni tahap visitasi. Agus Purwanta menjelaskan, visitasi merupakan rangkaian panjang dari kegiatan monitoring evaluasi keterbukaan informasi badan publik tahun 2021 ini.
“Sehingga untuk mendapatkan predikat informatif harus melalui rangkaian panjang,”  ungkapnya.
Menurut Agus, untuk mengukur sejauh mana kepatuhan badan publik maka dalam penerapan keterbukaan informasi publik harus dilakukan monitoring dan evaluasi . Sedangkan  KID DIY salah satu tugasnya mengawal implementasi UU No mor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Sementara menurut Kepala Kantor Kemenag Bantul, H Aidi Johansyah SAg MM, penilaian seperti ini penting bagi Kantor Kementerian Agama, karena seiring dengan penilaian Menpan RB 2021.
” Karena itu, kami berharap Kemenag Bantul bisa mencapai nilai terbaik dalam bidang pembangunan keterbukaan informasi publik, sehingga mampu memperkokoh pembangunan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kemenag Bantul,” ujarnya. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI