Kemenag Bantul Menuju Wilayah Bebas Birokrasi

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Tim evaluasi atau penilai Pembangunan Zona Integritas (ZI) untuk menuju Wilayah Bebas Birokrasi Melayani (WBBM) Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi dan Birokrasi (PAN – RB) melakukan penilaian di Kemenag Bantul.

Penilaian dilakukan secara online di Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu Kemenag Bantul, Sabtu (30/10) dan dibuka oleh Kepala Kemenag DIY, Dr Masmin Afif.

Kepala Kemenag Bantul H Aidi Johansyah SAg MM dalam penilaian tersebut memaparkan, capaian pelaksanaan program ZI menuju WBBM mulai dari visi dan misi, ada tiga hal yang dilakukan, yakni terus menginternasionalisasi dan menduplikasi program pembangunan zona integritas dengan menjadikan 4 madrasah menjadi pilot project dan adanya kunjungan studi tiru ZI, PLHUT serta revitalisasi KUA.

Mengembangkan inovasi yang sudah dilakukan, seperti PTSP On line, live streaming pernikahan , pembayaran biaya nikah melalui EDC , Bimbingam perkawinan virtual dan pembayaran haji satu tempat.

Selanjutnya meningkatkan pelayanan publik dengan cara memberikan pelatihan sevice excellence kepada pegawai, sehingga pelayanan semakin baik dam terjadi peningkatan nilai suvai kepuasan masyarakat.

Aidi mengemukakan, tujuan dalam pembangunan ZI menuju WBBM adalah untuk mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme. Juga meningkatkan pelayanan publik.”Jadi peningkatan pelayanan kepada masyarakat dimana saja harus ditingkatkan untuk memberi kepuasan kepada pemangku kepentingan,” pungkas Aidi. (Jdm)

 

 

BERITA REKOMENDASI