Kemenag DIY: Pentingnya Validasi Data Jemaah Haji

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com– Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2021, tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler dan validasi data jemaah haji reguler. Kegiatan tersebut digelar di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Bantul.
Diikuti  jajaran Kasi, pada Bidang PHU, jajaran Kepala dan Kasi PHU Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota se DIY dengan pembatasan peserta 40 personel, Rabu (22/9/2021).
Kepala Kanwil Kemenag DIY Dr H Masmin Afif MAg menjelaskan, PMA Nomor 13 Tahun 2021 mengatur tentang pendaftaran, penetapan waktu pemberangkatan haji, pembimbingan, pembinaan kesehatan, serta pembatalan haji. Tetapi untuk pendaftaran jemaah haji reguler dapat dilakukan setiap hari sepanjang tahun berjalan.
Dr Hasmin menekankan, dalam kaitannya dengan kesiapan pemberangkatan jemaah haji, hal yang terpenting adalah perlunya dilakukan validasi data jemaah haji.
“Adapun validasi yang dilakukan adalah validasi data jemaah haji yang berhak lunas 5 tahun terakhir, validasi data penggabungan mahrom dan validasi data jemaah haji yang belum konfermasi nomor porsi,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI