Kemenkumham DIY Sidak Rutan Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Jajaran Kamtib, Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) DIY melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) hunian warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan Sidak dilaksanakan di Blok Madukoro dan Blok Condrodimiko, dimana Blok Condrodimiko sendiri merupakan blok khusus untuk tahanan pengguna Narkoba.
Sidak di Blok hunian warga binaan ini bertujuan untuk memastikan Rutan Kelas IIB Bantul bersih dari HP, Pungli dan Narkoba ( Halinar) dan benar- benar dalam keadaan aman dan kondusif.

Tim dari Kanwil Kemenkumham DIY ketika melakukan razia didampingi Kepala Rutan Kelas IIB Bantul, Enjat Lukmanul Hakim, Kepala Kesatuan Keamanan Rutan Jaka Cahyana, Kasubsi Pelayanan Tahanan Joko Sulistiyo serta jajaran Staf KPR Rutan. Menurut Enjat kegiatan Sidak atau razia terhadap ruang atau blok hunian warga binaan seperti ini sudah rutin dilakukan sendiri oleh petugas Rutan Bantul.

Berdasarkan hasil dari razia yang telah digelar, bisa disimpulkan Rutan Kelas IIB Bantul bersih dari HP, Pungli dan Narkoba. “Kami berharap sinergitas antara Kanwil Kemenkumham DIY dengan Rutan Bantul terkait Sidak ini terus ditingkatkan untuk mewujudkan komitmen bersama dalam mewujudkan Rutan yang bersih dari Halinar maupun pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan Rumah Tahanan,” papar Enjat.

Sementara hari sebelumnya di Rutan Bantul dilakukam test urine bagi petugas di Rutan Bantul, sebagai langkah progresif dan upaya serius pemberantasan Narkoba. Tes urine dilakukan secara acak dengan pengambilan 15 sampel urine.

“Test urine bagi petugas Rutan sudah beberapa kali dilakukan agar jangan sampai ada keterlibatan petugas, baik sebagai pengguna maupun pengedar. Jika ada pasti dikenakan sanksi,” pungkas Enjat. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI