Kepadatan Lalu-lintas Tinggi, Angka Kecelakaan Turun

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pendirian Posko Keamanan Lebaran Polres Bantul untuk mendukung Operasi Ketupat Progo 2022, Senin (09/05/2022) pukul 24.00 berakhir. Semua sarana dan prasarana posko dibongkar, petugasnya ditarik kembali ke masing- masing fungsi.

Semua jalur lalu-lintas menuju objek wisata maupun jalur pemudik lebaran dan jalur antar wilayah, hari ini sudah tidak terjadi kepadatan lagi. Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Gunawan Setiyabudi SH MH didampingi Kasi Gakkum Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryono SH mengungkapkan, sesuai data di Polres Bantul selama Operasi Pengamanan Lebaran 2022 angka kecelakaan lalu-lintas mengalami penurunan dibanding Lebaran 2021.

“Walaupun volume kepadatan lalu-lintas di Bantul mengalami kenaikan yang seknifikan,” papar kata Gunawan kekpada KRJOGJA.com, Selasa (10/05/2022).

Data hasil dan evaluasi Operasi Ketupat Progo 2022 mulai 28 April hingga 9 Mei 2022, jumlah kejadian ada 80 kasus, meninggal dunia 3 orang, luka ringan 106 orang, kerugian materiil Rp 32, 2 juta. Sedangkan pada Operasi Ketupat Progo 2021 kejadian kecelakaan ada 84 kasus, meninggal dunia 9 orang, luka ringan 93 orang, kerugian materiil Rp 43, 3 juta.

Menurut Kasatlantas Polres Bantul, hal tersebut selain dilakukan pengamanan yang optimal oleh jajaran Polres Bantul, Dinas Perhubungan dan TNI, relawan dan pendudung lainnya, juga karena pengguna jalan sudah lebih sadar terhadap peraturan dan tata tertib lalu-lintas serta saling menghargai sesama pengguna jalan.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh petugas dan para pengguna jalan yang sudah mendukung kelancaran lalu-lintas sehingga tercipta Lebaran yang aman dan nyaman. Dibukanya sementara jembatan Kretek 2 atau Jembatan Luku juga sangat membantu untuk pembuangan arus dari Parangtritis menuju Depok,” imbuhnya.

Sementara pendirian Pospam jajaran Dinas Perhubungan Bantul semua sudah ditinggalkan oleh petugasnya. Menurut Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanto, selama libur Lebaran 2022 lalu-lintas aman. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI