Kepala Disdikpora Apresiasi Purnasiswa MTsN 3 Bantul

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Bupati Bantul yang diwakili Kepala Disdikpora Drs Isdarmoko MPd MM Par memberikan apresiasi kepada MTsN 3 Bantul yang melaksanakan Wisuda Purnasiswa dalam balutan tradisi, karena hal tersebut merupakan upaya turut melestarikan budaya. Wisuda yang diikuti 156 siswa kelas 9 dilaksanakan di GOR Kalurahan Wukirsari Imogiri Bantul, Kamis (16/6) dihadiri Kakan Kemenag Bantul, H Aidi Johansyah Sag MM, Kepala KUA Kapanewon Imogiri, Achmad Rois Wizda SHI, Ketua Komite, H Turmudzi, Kepala MTsN 3 Bantul, Sugeng Muhari, SPdSi, seluruh guru/ karyawan dan orangtua/wali siswa.

Selain dalam hal busana, balutan tradisi Jawa terlihat dari prosesi awal sebelum wisudawan masuk dilakukan kirab dengan iringan Ketawang Ibu Pertiwi, dipandu Guru Seni Budaya, Drs. Sutanto dan Guru Bahasa Indonesia Siska Yuniati MPd. Dalam acara tersebut juga disuguhkan geguritan `Tengah Dalu` karya Sutanto yang dibawakan Risma Nisa Putri Prasetyo, sajian lagu Ayah dibawakan Aditya Firmansyah.

Isdarmoko menjelaskan, bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Tujuan pendidikan yang pertama adalah masalah iman, disusul takwa, akhlak mulia, sehat barulah berilmu. Jadi sekolah di MTs ini sangat tepat karena banyak ilmu agama yang didapat dalam mencapai tujuan tersebut,” tandas Isdarmoko.

Secara resmi siswa kelas 9 diserahkan Sugeng Muhari selaku Kepala Madrasah diterima Ketua Komite. Dalam kesempatan tersebut Kakan Kemenag mewisuda 8 siswa berprestasi: Diyah Bening Nur Hidayati (peringkat 1 ijazah, ASPD, Juara 9A), Nur Arifa Hasanah (peringkat 2 ijazah, Juara 9B), Yusri Khairani (peringkat 3 ijazah), Naswa Marini Al-Wafa (juara 2 ASPD), Naura Iftitahusaadah (juara 3 ASPD), Gatya Sabrina Sufa (juara 9C), Citra Puspita Sari (juara 9D), Shadin Yanuarisma (juara 9E).

Usai menerima penghargaan Yusri dan Gatya duet mempersembahkan lagu Trimakasihku, sebagai ucapan terimakasih kepada bapak ibu guru yang telah membimbing dan mendidik mereka selama 3 tahun.
Dalam momen tersebut juga dilakukan Wisuda Tahfidz bagi 42 siswa-siswi yang hafal juz 30 oleh Kepala Madrasah didampingi guru pembimbing Widiastuti dan Siti Mukaromah. Hal itu sejalan dengan program tahfidz di madrasah yang berjuluk Madrasah Hijau. Dengan wisuda diharapkan memacu siswa lain untuk giat menghafal ayat suci Al-Quran karena akan membawa berkah dunia akhirat. (Rar)

 

 

BERITA REKOMENDASI