Kepala DKPP: Kami Berusaha Dongkrak Produktivitas Padi  

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com –  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Bantul, Joko Waluyo SPt MSi mengatakan, lahan seluas 5.000 hektare dipersiapkan untuk ujicoba Program Indeks Pertanaman (setahun empat kali tanam padi-red). Dengan terobosan tersebut diharapkan mampu menggenjot produktivitas padi di Kabupaten Bantul. Nantinya lahan tersebut disiapkan untuk ujicoba program IP 400 yang tersebar di 17 kapanewon  di Kabupaten Bantul.
“Jadi lahan seluas 5.000 hektare yang telah disiapkan tersebut sebagai uji coba progam IP 400. Lokasinya di daerah irigasi  yang tersedia sepanjang tahun,” ujar Joko, Rabu (5/1/2022).
Sementara  padi yang akan ditanam di 5.000 hektar bakal diluji coba dalam program IP 400 yakni varietas genjah. Jenis tersebut punya keunggulan masa tanam sampai panen pendek  70-80 hari. Dengan produktivitas per hektarnya mencapai 7,3 ton. “Sebagai gambaran di Kabupaten Sukoharjo yang sudah mengembangkan padi varietas genjah. Ternyata mampu menghasilkan 7,3 ton per hektare. Semoga tidak akan jauh beda produktivitasnya,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI