Keren! SMKN 2 Kasihan Bantul Raih Tiga Medali Emas FLSSN Nasional

Editor: Agus Sigit

BANTUL KRJOGJA.com – Tiga siswa SMKN 2 Kasihan Bantul (SMM) meraih tiga medali emas Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) tingkat nasional tahun 2021. Tiga siswa tersebut masing-masing Calista Aulia kelas XI D medali emas bidang lomba menyanyi solo. Emanuela Galuh Titilaras kelas XI B medali emas bidang lomba gitar solo, dan Fortunata Yvonia Fidelma kelas XI E medali emas lomba cipta lagu.

Kepala SMKN 2 Kasihan Agus Suranto SPd MSn di ruang kerjanya, Kamis (16/9/21) mengatakan sebagai sekolah formal dengan satu-satunya Kompetensi Keahlian Seni Musik Klasik, SMKN 2 Kasihan,konsisten melakukan adaptasi terhadap situasi yang terus bergerak dan berubah. Keberhasilan tiga siswa meraih medali emas tiga cabang lomba sekaligus, adalah berkat dukungan keluarga besar SMKN 2 Kasihan dan seluruh masyarakat Yogyakarta. Kejuaraan bukanlah tujuan akhir. Capaian prestasi dalam kompetisi merupakan upaya mengukur kompetensi siswa, sebagai ruang belajar, penajaman kompetensi, menambah jam terbang siswa, memperkenalkan sekolah kepada public, membangun jejaring dengan sekolah lain di Indonesia, dan fungsi-fungsi lainnya.

“Kami tekankan kepada siswa, bahwa kejuaraan merupakan sebuah konsekuensi logis, sebuah resiko positif dari upaya sepenuh hati dan bersungguh-sungguh, ” kata Agus Suranto.

Lomba berlangsung secara virtual berawal dari tingkat DIY, lolos tingkat propinsi maju ke tingkat nasional. Siswa mengirimkan videonya kepada panitia. Calista Aulia yang mengikuti cabang lomba menyanyi solo membawakan dua lagu ‘Gethuk’ (Manthous), dan ‘Matahariku’ (Agnes Monica). Membawakan lagu ‘Gethuk’ karena persyaratan lomba salah satunya harus lagu daerahnya masing-masing. Di sekolah Calista major-nya vocal, tapi karena di SMKN 2 Kasihan piano pelajaran wajib maka Calista juga bisa memainkannya.

Emanuela Galuh Titilaras yang maju pada cabang lomba gitar solo membawakan lagu ‘Padhang Bulan’ (RC Hardjo Subroto) karena ada persyaratan harus lagu daerah. Galuh memainkannya dengan ‘finger style’. Galuh belajar gitar sudah sejak kelas 5 SD. Waktu masih SMP di Kediri juga pernah menjadi juara FLSSN tingkat nasional untuk cabang yang sama.

BERITA REKOMENDASI