Ketika Para Lansia Berlenggak-lenggok Memperagakan Busana Peringati Halun ke-25

Editor: Ary B Prass

BANGUNTAPAN, KRJogja.com– Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Sekaringtyas Banguntapan Bantul gelar lomba peragaan busana, Line Dance, mewarnai gambar, yang semua pesertanya warga lanjut usia (Lansia). Selain gelar lomba juga memberikan bingkisan 110 paket sembako kepada Lansia. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kalurahan Banguntapan  Senin (14/6/2021) tersebut dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia (Halun) ke- 25.
Menarik, karena dalam kegiatan tersebut digelar lomba busana yang pesertanya warga Lansia berusia di atas 65 tahun, bahkan ada yang berjalan harus pakai tongkat. di depan para juri mereka berlenggak-longgok dengan percaya diri seperti masih usia muda, sehingga mengundang gelak tawa para undangan.
Lomba mewarnai gambar pesertanya juga Lansia. Saat masa kecil mereka sekitar tahun 1950’an memang belum ada pelajaran mewarnai gambar, bahkan masih jarang ada TK. Sehingga saat mereka sedang berlomba suasana seperti lomba mewarnai gambar anak-anak TK. “Selama hidup saya, ya baru kali ini saya mewarnai gambar,” papar salah seorang nenek peserta lomba.
Menurut Ketua LKS Sekaringtyas , Sum Sudarto, penyelenggaraan peringatan Hanula ke-25 ini bertema “Lansia bahagia di tengah keluarga dan masyarakat”.LKS Sekaringtyas adalah lembaga yang khusus menangani Lansia kurang beruntung di luar panti. Jumlah Lansia binaan Sekaringtyas 300 orang lebih berasal dari Banguntapan maupun luar Banguntapan.
“Sebenarnya kami akan mengundang semua Lansia binaan LKS Sekaringtyas, tetapi karena masih kondisi pandemi Covid-19 kami membatasi undangan. Untuk pemberian bingkisan Sembako sebagian kami kunjungi  dan kami serahkan ke rumah masing-masing,” terangnya.
Kegiatan tersebut dihadiri dari Dinas Sosial P3A Bantul, Muspimkap  Banguntapan maupun pamong Kalurahan setempat serta para donatur. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI