Kiprah Plester Yogyakarta di Tengah Pandemi Covid -19

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Bertepatan dengan momentum Hari Raya Idul Adha, Ormas Plester Yogyakarta menyembelih 9 ekor kambing hasil partisipasi seluruh anggota. Program tersebut rutin dilakukan Ormas Plester setiap tahunnya. Termasuk berkontribusi langsung dalam pencegahan Covid -19 di DIY.

Ketua Umum Plester Yogyakarta, Ganda Himawan menjelaskan Plester juga mendistribusikan hewan kurban berupa kambing ke beberapa wilayah. Mengingat kondisi sekarang tengah diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DIY.

Konsepnya pendistribusian diwujudkan dalam bentuk daging. Daging kurban didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan serta beberapa wilayah basis Ormas Plester.

“Apa yang kami lakukan ini belum apa-apa secara materi tidaklah signifikan. Namun kami berharap hal kecil ini menjadi momentum bagi kita semua, saling peduli, saling asah dan asuh, bersatu serta merefleksikan tindakan individual maupun kolektif kita selama ini,” ujarnya, Kamis (22/07/2021).

Terkait Ormas Plester Yogyakarta, merupakan organisasi kepemudaan yang punya 17 kelompok afiliasi atau secara internal disebut korwil di DIY diantaranya, Plester Kota Yogyakarta, Plester Zona Utara, Plester Gunungkidul, Plester Indrayanti, Plester Zona Timur, Plester Regeneration Kotagede. Ada pula Plester Zona Selatan, Plester South Side, Plester Bantul Kota, Plester Reborn, Plester Youngster, Plester 079, Plester Mendhem Sholawat, Plester 99, Plester Warior dan Plester Girl.

Secara teroterial Plester Yogyakarta memiliki basis masa di seluruh wilayah Kabupaten dan kota di DIY. Pihaknya juga bergerak masif mencegah penularan Covid-19, dengan melakukan sosialiasai ke basis-basis anggota agar selalu patuh pada aturan pemerintah.

Ganda juga menekankan agar menerapkan prokes ketika melaksanakan aktifitas-aktifitas harian, baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun lingkungan kerja. Oleh karena itu, Plester Yogyakarta sangat aktif dalam kegiatan sosial untuk mitigasi dan penanganan dampak Covid -19. Termasuk pengadaan dan pembagian masker, penyemprotan mandiri di beberapa basis anggota, pembagian sembako dan program sosial lainnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI