Kiprah UAD Berikan Kontribusi Bagi Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Perguruan Tinggi tidak sekadar fokus pada penelitian dan pengajaran kepada mahasiswanya. Tetapi salah satu aspek penting yang tidak boleh dikesampingkan ialah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian sebagai salah satu tri dharma perguruan tinggi juga mendaulatkan dosen terjun mengabdi di tengah masyarakat.

Ditengah masa pandemi, komitmen tersebut terus digaungkan LPPM UAD dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Termasuk pengabdian juga dilakukan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bersama mahasiswa yang tengah menjalankan KKN. Program tersebut yang melandasi KKN Reguler Periode ke-81 di Kapanewon Sewon Bantul.

DPL KKN di Dusun Gatak Widoro dan Jurug Desa Bangunharjo Kepanewon Sewon, Dedi Wijayanti mengatakan, Tim mahasiswa KKN Prodi PBSI FKIP UAD di tiga dusun tersebut melakukan serangkaian pengabdian di masyarakat. “Diantaranya pelatihan penulisan berita, feature dan press release di Kelurahan Bangunharjo Sewon Bantul. Program tersebut digelar secara daring dan luring akhir Februari 2021,” katanya, Sabtu (06/03/2021).

Dengan pelatihan tersebut, karangtaruna di Desa Bangunharjo dapat mengembangkan potensi yang dimiliki di desa tersebut untuk ditulis ke dalam berita dan informasi. “Bisa dalam kemasan feature dan di dalam web desa agar potensi diketahui masyarakat luar,” ujarnya.

Beberapa konten di web desa bisa diakses adalah ‘Karang Taruna’ di menu Lembaga Masyarakat, konten potensi desa didalamnya berisi Potensi Wisata, Produk Unggulan Dusun, Potensi Kerajinan dan Potensi Kuliner. Beberapa kegiatan lain dilaksanakan mahasiswa KKN UAD adalah kegiatan di bidang keagamaan, seni dan olahraga, serta bidang keilmuan. (Roy)

BERITA REKOMENDASI