KKN Mandiri UIN Suka di Saman Gelar Beragam Program

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 10 mahasiswa, terdiri 4 putra dan 6 putri dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri angkatan 102 kelompok 229 di Pedukuhan Saman Blok 2, Bangunharjo, Sewon, Bantul, selama satu bulan lebih mulai 20 Juli hingga Minggu (23/8) mendatang.

Dari 10 mahasiswa tersebut, mereka adalah Wisnu Setiawan (Ketua), Afnani Rosyida (wakil), Anisa Diah Saraswati (sekretaris), Rizky Ayu Safitri (Kiki), Shita Rusmala Dewi (bendahara 1, 2), Afnan Rifai, Wahyu Widayanto, Ilhan Hani Amari’an (Humas 1,2 dan 3)), Uswatun Hasanah, Muhammad Hilmy Raihan Audi (sie dokumentasi 1,2). Mereka didampingi dosen pembimbing Siti Aminah S SosI MSi (Dosen Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi).
Mereka yang ikut KKN Mandiri di dusun Saman Blok 2 ini berasal dari 4 fakultas yang ada di UIN yaitu, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora serta Fakultas Syariah dan Hukum.

Rizky Ayu Safitri (Kiki) kepada KR

di Bantul, Kamis (20/8) mengatakan, selama melakukan KKN Mandiri di dusun Saman ini, ke-10 mahasiswa angkatan 102 tersebut telah melaksanakan sekitar 20 program. Di antaranya, pelatihan PeKa (pembalut kain) ramah lingkungan untuk kaum wanita yang datang bulan (haid). Kegiatan lainnya, pemberian stiker pencegahan pandemi covid-19 di setiap rumah warga, pelatihan pembuataan handsinitizer dari bahan lidah buaya sekaligus dibagikan ke setiap rumah warga setempat, pembagian masker dan wadah jimpitan ke setiap rumah, pemberian ember dan sabun cuci tangan untuk warung-warung yang belum memiliki tempat cuci tangan, pelatihan wedang Jakute (Jahe, kunit dan temulawak), pengadaan alat salat untuk masjid dan musala, mengajar TPA anak-anak (hampir setiap sore dan malam habis magrib), Sosialisasi pemasaran online melalui google My bussines dan perencanaan keuangan pribadi bersama pemuda Saman dan banyak lagi yang lainnya.

“Kegiatan KKN Mandiri angkatan 102 kelompok 229 akan ditutup dengan pameran hasil karya kami selama KKN dan pentas seni yang akan diadakan Minggu (23/8) malam,” ujar Rizky Ayu Safitri.

BERITA REKOMENDASI