KKN-PPM UMBY Gelar Pengabdian Berbasis Transformasi Digital di Wonocatur

Editor: Agus Sigit

KKN-PPM Mandiri kelompok 10 Universitas Mercu Buana Yogyakarta angkatan XLI melakukan beragam kegiatan dengan mengusung tema pengembangan usaha berbasis teknologi dengan optimasi potensi UMKM melalui transformasi digital guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Dusun Wonocatur, Banguntapan, Banguntapan, Bantul.

Program ini menyasar kelompok usaha ekonomi UPPKS Mekarsari dengan fokus pemberdayaan usaha ekonomi keluarga melalui pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Latar belakang kegiatan KKN-PPM Mandiri ini adalah pandemi COVID-19 yang telah memberikan dampak terhadap perekonomian dan perubahan perilaku konsumen di Indonesia, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan penguatan daya beli masyarakat melalui penguatan perlindungan sosial serta dukungan terhadap sektor UMKM, selain pemerataan terhadap akses teknologi, kebutuhan akan transformasi digital bagi UMKM juga mutlak harus dipenuhi.

Kegiatan pengabdian ini berfokus pada beberapa bidang diantaranya adalah digitalisasi produksi, dimana pada era Revolusi Industri 4.0 dimulai, lini produksi perlahan beralih ke penggunaan teknologi digital, dan bahkan mesin yang digunakan untuk produksi sudah berbasis teknologi dengan menngunakan otomasi quality control dan memanfaatkan model algoritma pemrograman.

Kegiatan pengabdian ini juga berfokus pada digitalisasi keuangan, tidak luput dari sistem digitalisasi, bahkan saat ini sudah ada uang digital yang jauh lebih praktis dan mudah digunakan dibandingkan uang fisik, dan uang digital memiliki kemudahan melakukan transaksi jarak jauh. Digitalisasi keuangan juga hadir dari sisi pencatatannya, sejak menjamurnya kehadiran berbagai aplikasi kasir dan pembukuan, para pelaku usaha saat ini bisa dengan mudah mencatat kondisi keuangan bisnis mereka, sehingga posisi laporan keuangan bisnis lebih akurat, dimana pelaku usaha juga tidak khawatir akan kehilangan data keuangan mereka, karena semua data bisa disimpan di Cloud yang dapat diakses dari perangkat manapun.

Kelompok 10 KKN-PPM Mandiri UMBY juga membantu pelaku usaha di Dusun Wonocatur untuk melaksanakan digitalisasi laporan yang dapat membantu para pengusaha dan para evaluator untuk menemukan kejanggalan dalam strategi bisnis mereka.

Kemudian, digitalisasi layanan juga diwujudkan, digitalisasi layanan seperti Customer service merupakan hal yang penting di dalam dunia usaha, sebab tidak semua pelanggan bisa memahami produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau unit usaha.

Digitalisasi layanan dapat membantu pelanggan dalam menjawab pertanyaan secara efektif dan efisien, salah satu contoh dengan menggunakan teknologi chatbot, yang bisa memberikan jawaban personal secara otomatis selain hal tersebut pembuatan katalog produk yang memudahkan pembeli dalam memilih produk juga diwujudkan.

Kelompok 10 KKN-PPM Mandiri UMBY juga menyadari bahwa digitalisasi pemasaran adalah kunci keberhasilan sebuah usaha, dengan adanya digitalisasi pemasaran memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan promosi produk kepada pelanggan tanpa mengeluarkan banyak anggaran (budget) dan hasilnya dapat diukur lebih akurat hal ini diwujudkan dengan pengembangan dan pengelolaan aset digital seperti sosial media, website dan marketplace. (*)

 

BERITA REKOMENDASI