KKN-PPM UMY Dampingi Warga Dusun Soka Tembus Pasar Digital

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UMY melakukan pendampingan kepada masyarakat Dusun Soka Seloharjo Pundong Bantul. Warga yang tergabung dalam kelompok usaha ‘Soko Digital’ diberikan pendampingan untuk melakukan pemasaran secara online.

Soka Digital merupakan kelompok ibu-ibu muda produktif di Dusun Soka. Para ibu-ibu tersebut memiliki keinginan membantu saudara dan tetangga dalam satu desa yang memiliki produk UMKM namun tidak bisa memasarkan secara online karena keterbatasan kemampuan pengetahuan dan akses.

Ketua tim pengabdi, Dr Aris Slamet Widodo mengatakan Soka Digital berusaha menghimpum dan memperbaiki packaging kemudian memasarkan melalui berbagai marketplace yang ada. Harapannya ada peningkatan penjualan dan pendapatan para pelaku UMKM pada masa pandemi ini.

“Prospek pemasaran online sangat terbuka luas, hal ini harus dimanfaatkan dengan baik. Dengan memasarkan secara online maka peluang pasar yang bakal dijangkau akan semakin luas,” kata Aris Slamet Widodo, Sabtu (27/02/2021).

Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY ini mengatakan pengetahuan dan keterampilan pemasaran online harus dikuasai jika masyarakat ingin merambah duni digital. Media sosial maupun marketplace dapat dipilih sebagai tempat penjualan online.

Aris Slamet Widodo juga memberikan dampingan kepada Soka Digital tentang pengetahuan marketplace, dasar dasar pemasaran produk, packaging dan SEO dengan mengikutkan pada program workshop yang dilakukan selama dua kali pertemuan. Kegiatan pendampingan di lanjutken dengan pemberian hibah sebuah handphone android untuk memudahkan proses pemasaran produk dan pengambilan foto serta hibah rak display produk. (Van)

BERITA REKOMENDASI