KKN-PPM UMY Gelar Pelatihan Kader Posyandu Tangguh di Kasihan Bantul

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar pelatihan Kader Tangguh di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan diikuti 20 kader posyandu di Dusun Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Penaggungjawab kegiatan dr. Siti Aminah Tri Susila Estri, M.Kes, SpKK dari Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY menyampaikan kegiatan juga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu tentang pencegahan dan penangan kesehatan lansia, serta penguatan kewaspadaan terhadap Covid19.

” Kegiatan dengan metode penyuluhan dilakukan khususnya untuk pengetahuan dan keterampilan kader posyandu tentang deteksi penyakit kronis lansia serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader posyandu dan remaja serta anak-anak tentang kewaspadaan terhadap Covid19.

dr. Siti Aminah Tri Susila Estri, M.Kes, SpKK menambahkan peserta juga dilatih cara pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. Kegiatan juga diisi dengan program pemberian makanan tambahan yang sesuai untuk kesehatan lansia, yang dikelola oleh Ibu-ibu kader kesehatan dan dibagikan kepada 100 lebih lansia di Dusun Ngrame.

Pada kegiatan ini, juga telah dihibahkan alat pemeriksaan kesehatan, timbangan badan dan alat penngukur tinggi badan, serta buku panduan pelaksanaan posyandu lansia pada masa pandemi covid-19.

UMY

BERITA REKOMENDASI