KKN STIE Mitra Indonesia Populerkan Program ‘Jagoriko’

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Penutupan sekaligus Penarikan 5 mahassiwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 1 STIE Mitra Indonesia berlangsung di Gedung Balai Ngudi Raharjo, Pedukuhan Cepoko Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul, Minggu (28/11/2021).
KKN dilaksanakan selama satu bulan ini mengambil tema Meningkatkan Perekonomian Masyarakat melalui Sumber Daya Alam dan sektor home industry keripik kenikir dengan program Jajan Ning Tonggo Nglarisi Konco (Jagoriko), atau membeli di warung tetangga membuat laris teman.
Penarikan KKN dilakukan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Mitra Indonesia Dra Natalia Kristini Damarwiyati MSi dan Lucia Iswandari SE MSi beserta Dwi Retno Sriharjanti SE MM, selaku dosen Pembimbing Lapangan
Natalia Kristini mengatakan, KKN STIE Mitra Indonesia Indonesia dilaksanakan sekali dalam setahun sebagai bagian mata kuliah di kampus dan mendorong mahasiswa untuk mengadakan kegiatan di luar bidang studi melakukan diskusi, bertukar pikiran serta pengalaman baik dengan teman maupun masyarakat, saat mahasiswa melaksanakan KKN.
Sementara itu, Lucia Iswandari menyatakan, melalui kegiatan KKN mahasiswa mengenal persoalan masyarakat yang bersifat Cross sectoral serta belajar memecahkan masalah dengan pendekatan interdisiplin ilmu.
Dalam kesempatan tersebut Sunu Kunto Pamungkas, Dukuh Cepoko menyatakan menyambut gembira kegiatan KKN dari STIE Mitra Indonesia yang nyata bermanfaat bagi masyarakat dan berharap kerja sama terus dapat dilanjutkan. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN adalah disusunnya Buku Profil Kampung Keluarga Berencana (KB) Pedukuhan Cepoko yang secara resmi buku diserahkan oleh Nunik Srinoviyanti selaku penyusun dan Koordinator Mahasiswa kepada Sutopo selaku Ketua Kampung KB. Untuk hal tersebut Sunu Kunto Pamungkas dan Sutopo mengucapkan terimakasih dengan telah terbitnya buku Profil Kampung KB Cepoko sebagai referensi data utama dan konsultasi keluarga mayarakat pedukuhan Cepoko.
Sedangkan Nunik Srinoviyanti, mahasiswa KKN STIE Mitra Indonesia mengatakan, dalam buku Profil tersebut memuat data Demografi dan Keluarga Berencana dan kegiatan kampung secara lengkap berdasarkan hasil wawancara, sensus secara terbatas serta dokumen data yang ada pada rumah data KB Pedukuhan Cepoko. “Buku ini nantinya akan terus di update secara berkala oleh pengurus kampung KB menyesuaikan dengan perkembangan data secara dinamis,” ujarnya, Senin (29/11/2021).
Dalam kegiatan penarikan tersebut sebelumnya juga sudah dilaksanakan penyuluhan tentang budi daya Ikan dengan tema kiat sukses budi daya ikan dengan pengendalian hama dan penyakit yang diikuti oleh Karang Taruna Pedukuhan Cepoko dengan menghadirkan narasumber praktisi di bidang perikanan Teguh Solihin dari Kapanewon Pandak Bantul.
Ditambahkan, program yang telah dilaksanakan selain penyusunan Profil Kampung KB dan budi daya perikanan adalah pembuatan petunjuk jalan, mensukseskan kegiatan Posyandu dan penyuluhan UMKM keripik Kenikir khas Cepoko dengan pemberian label produksi dan pembuatan Instragam (IG) sebagai salah satu sarana promosi produk. Kegiatan Penarikan KKN dihadiri oleh kader PKK dan 6 Ketua RT beserta tokoh mayarakat Cepoko tersebut diakhiri dengan penebaran bibit ikan nila di kolam ikan oleh Ketua LPPM, DPL dan Dukuh Cepoko secara bersama-sama. (Jay).

BERITA REKOMENDASI