KKN UAD Buka Lahan Tanaman Obat Keluarga di Bambanglipuro

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berlangsung di Padukuhan Kraton, Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Bersama masyarakat Padukuhan Kraton, mahasiswa KKN UAD melaksanakan pembukaan lahan Tanaman Obat Keluarga(Toga) bertempat di RT 06 Nglarang Padukuhan Kraton.

“Toga yang ditanam yaitu Serai Merah, yang merupakan salah satu ikon dari Padukuhan Kraton,” kata Dr Solikhah SKM MKes, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD, Rabu (23/02/2022).

Disebutkan, serai merah merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk menambahkan cita rasa pada makanan atau minuman. Selain itu, serai merah juga memiliki berbagai manfaat lain, diantaranya sebagai pengusir nyamuk dan mempercepat pemulihan pada luka.

“Serai Merah merupakan ikon dari Padukuhan Kraton, meskipun sebelumnya program pembudidayaan serai ini sempat gagal pada saat pelaksanannya, tetapi dengan dilaksanakannya pembukaan kembali dalam satu lahan di RT 06 Nglarang Padukuhan Kraton dibantu oleh KKN Unit IX.C.3 dari UAD, dengan harapan akan berhasil dan dapat dikelola dengan jangka panjang oleh masyarakat setempat,” katanya.

Sedangkan Bekti Hastuti, selaku Kepala Padukuhan Kraton mengatakan, hasil pembukaan lahan Toga ini hasilnya akan dimanfaatkan kembali oleh masyarakat Padukuhan Kraton. Kemudian kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan produktivitas masyarakat dan menjadi sebuah usaha masyarakat guna membantu perekonomian. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI