KKN UMY Berdayakan Wisata Jemparingan dan UMKM Dusun Soka Pundong

Editor: Agus Sigit

KRjogja.com – Adanya pandemi Covid-19 sangatlah berpengaruh terhadap berbagai apek kehidupan mulai dari aspek sosial hingga perekonomian. Banyak sekali mobilitas yang dibatasi, salah satunya adalah obyek wisata selain itu perekonomian juga terkena dampak dari adanya pembatasan kegiatan selama Covid-19 yang menyebabkan pada UMKM mengalami imbas dari pandemic yaitu turunnya produktivitas serta pendapatan ditiap harinya.

Melihat keadaan ini KKN UMY Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 119 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengambil peran untuk memberdayakan Wisata Jemparingan dan UMKM Bakpia Luthfi “03” di dusun Soka, Pundong Bantul untuk menjadi desa wisata yang lebih produktif dan menjadikan UMKM yang mampu bersaing dimasa pandemi dari segi pemasaran dan produktivitas.

Pengabdian Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis IT ini dibimbing oleh Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si dan juga dijalankan oleh kelompok KKN 119 yang diketuai oleh Alfian Hidayah yang memiliki 7 anggota kelompok dalam melakukan kegiatan pemberdayaan.

Wisata jemparingan dusun Soka diresmikan pada tanggal 12 September 2021 yang berlokasi di rumah Bu Yani dan dihadiri oleh Ketua Dusun Soka, Ketua RT 01, Rekan rekan Club Jemparingan Winata Manggala serta warga dusun Soka. Jemparingan ini didukung penuh oleh warga Soka serta Club Jemparingan Winata Manggala.

Pembekalan materi yang diberikan oleh Pak Rudi serta rekan rekannya mendapatkan respon positif dari warga dusun Soka RT 01, selain itu antusias warga saat melakukan praktek usai pembekalan materi pun terbilang luar biasa. Melalui wisata jemparingan yang di usung oleh kelompok KKN IT 119 diharapkan dusun Soka lebih mendapatkan kemajuan dalam aspek wisata yang sebelumnya juga terdapat beberapa spot wisata yang telah meramaikan wisata desa soka. Selain itu pemberdayaan terhadap UMKM di dusun soka terkait teknik fotography dan juga videography juga diberikan guna menghasilkan foto produk dan juga konten yang menarik dan mampu meningkatkan nilai jual produk bakpia.

Setelah satu bulan melakukan program pemberdayaan di dusun soka khususnya diwilayah RT 01, pada 15 September 2021 KKN IT 119 resmi ditarik setelah berhasil melakukan program-program kerjanya. Menurut bapak suyanto selaku kepala dukuh Soka menyatakan bahwa program kerja dari kelompok KKN 119 sangatlah bagus, dan bisa diteruskan pengelolaannya oleh masyarakat didusun soka, khususnya warga RT 01. Para mitra UMKM juga merasa berterimakasih atas kunjungan dan ilmu mengenai photography dan juga videography yang telah diberikan kepada owner UMKM karena dari foto dan video tersebut mampu meningkatkan visualisasi produk yang menunjang daya tarik konsumen.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada KKN IT UMY 119 ini menjadi solusi untuk kemajuan masyarakat agar semakin meningkatkan potensi desa dengan adanya program desa wisata jemparingan dan juga ditunjukkan untuk menunjang UMKM untuk meningkatkan penjualan serta pemesanan produk. Semua yang dilaksanakan oleh KKN 119 merupakan bukti dan langkah dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal melakukan pengabdian kepada masyarakat.

 

 

BERITA REKOMENDASI