KKNT UAA Lakukan Sosialisasi Tanaman Porang di Dukuh Krebet dan Dukuh Dadapbong sebagai Solusi Ketahanan Pangan

BANTUL, KRJOGJA.com – Dusun Dadapbong dan Dusun Krebet merupakan salah satu daerah pegunungan yang kesulitan mendapatkan air, sehingga lahan pertanian di dua dusun tersebut kurang cukup efektif untuk memenuhi ketahanan pangan. Melalui program pengabdian mahasiswa, tanaman porang menjadi salah satu alternatif yang cukup menjanjikan untuk mencapai ketahanan pangan.

Dalam rangka mewujudkan program Merdeka Belajr Kampus Merdeka, mahasiswa Universitas Alma Ata (UAA) melaksanakan program di Dusun Dadapbong dan Dusun Krebet Desa Sendangsari dengan melakukan Pengenalan Tanaman Porang bersama petani yang mempunyai tujuan sama untuk memanfaatkan lahan yang kosong dan meningkatkan ketahanan pangan. Pada umumnya masyarakat belum sepenuhnya mengenal porang, banyak masyarakat menganggap bahwa porang merupakan tanaman hama dan kurang memiliki manfaat.

Porang (Amorphophallus oncophyllus Prain) termasuk dalam family Araceae yang merupakan salah satu kekayaan hayati umbi-umbian yang ada di Indonesia. Tanaman ini penghasil karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin serta serat pangan. Tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan sudah diekspor sebagai bahan baku industry, akan tetapi tanaman tersebut belum secara luas dibudidayakan.

Pada Minggu (17/10/2021), mahasiswa KKN Tematik Dananjaya UAA beserta Dr. Ir Sumarwoto, PS, M.P, Dr. Veriani Aprilia, STP, M.Sc dan perwakilan dari organisasi P3N Bantul Bapak Muhammad Asrofi, M.Pd menyelenggarakan ‘Sosialisasi Pengenalan dan Budidaya Tanaman Porang Sebagai Solusi Ketahanan Pangan’. Kegiatan dihadiri para petani Dusun Dadapbong dan Dusun Krebet, pada kesempatan ini telah diberikan pengenalan dan budidaya tanaman porang yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan ketertarikan untuk membudidayakan porang sebagai ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong di Dusun Dadapbong dan Dusun Krebet.

BERITA REKOMENDASI