Kodim Bantul Gelar Panen Raya di Trirenggo

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Staf Kementan RI Bidang Ketahanan Pangan melaksanakan safari panen padi dan serapan gabah (Sergab) di Bulak Code, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul, Jumat (02/02/2018). Dalam kegiatan ini Kementan menggandeng Kodim 0729 Bantul dan Perum Divre Bulog DIY.

Luasan lahan yang di sergap yakni padi varietas Ciherang, Hibrida Mapan, IR 64 dan IR 24 yang ditanam di halan seluas 25 ha. Dalam kegiatan sergap Perum Divre Bulog DIY dapat menyerap dengan hasil memuaskan 5 Ton GKP dari Poktan Code Trirenggo Bantul dengan harga Rp 4.440/Kg.

“Dengan telah dilaksanakannya sergap oleh Kodim 0729 Bantul bekerja sama dengan Bulog adalah merupakan kerjasama yang baik guna ketahanan pangan diwilayah Bantul agar persediaan beras dan gabah di Bantul ini tidak berkurang. Dengan harga yang telah disepakati yaitu GKP Rp. 4.440/kg dan hasil sergap kali ini volume gabah dapat diserap sebanyak 5 ton," ungkap Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kementan RI, Ir Agung Setiadi.

Kepala Staf Kodim 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno mengatakan, kegiatan panen raya dan sergab ini dalam rangka menjaga stabilitas harga gabah dan juga untuk mewujudkan ketahanan pangan secara nasional. Ditambahkannya hasil panen ini akan dibayar tunai agar para petani merasakan hasilnya.

“Kerjasama antara Kementan RI dan TNI ini sangatlah baik bagi kita semua dan para Babinsa akan selalu melaksakan pendampingan kepada para petani guna meningkatkan produksi pertanian dan juga persesiaan bulog diwilayah Kab Bantul,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI