Kodim Bantul Peringati Sumpah Pemuda

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Upacara bendera digelar jajaran Kodim 0729 Bantul dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Upacara yang dilaksanakan di Makodim Bantul ini dihadiri seluruh prajurit, perwakilan ormas serta kalangan pemuda di kabupaten ini.

Kapala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno yang bertindak sebagai inspektur upacara (irup) dalam amanatnya menegaskan, Sumpah Pemuda menjadi momentum penting dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Berawal dari semangat para pemuda dalam irar yang sama itulah akhirnya menyatukan Indonesia hingga mampu meraih kemerdekaan.

“Generasi muda itu kunci kekuatan dari suatu bangsa, namun itu saja belum cukup tanpa adanya persatuan dan kesatuan. Semangat Sumpah Pemuda hendaknya dihayati dan dilaksanakan dalam kehidupan generasi muda saat ini agar perjuangan para pendahulu tidak menjadi sia-sia,” tegas Suwarno.

Disampaikannya, perjuangan pemuda saat ini tidaklah dengan mengangkat senjata melawan penjajah. Belajar dengan tekun, berkarya serta mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang itu merupakan bentuk perjuangan pada era saat ini bagi generasi muda.

Suwarno juga berpesan kepada para pemuda untuk selalu bersatu dan memegang teguh nilai-nilai Pancasila, karena ancaman proxy war selalu ada menghadapi bangsa ini. Masuknya budaya asing serta kemajuan teknologi jika tidak disikapi dengan baik akan dapat mengancam keutuhan bangsa.

Para prajurit bersama Pramuka membersihkan sampah di Pantai Baru

Dalam peringatah Sumpah Pemuda para prajurit juga mengajak siswa-siswi Saka Wira Pramuka binaan Kodim Bantul untuk melakukan gerakan bersih-bersih Pantai Baru dari sampah. Kegiatan yang diikuti sekitar 130 pelajar ini bertujuan untuk mengajak pemuda-pemudi agar lebih peduli akan lingkungan dan dapat hidup berdampingan dengan alam. (Van)

BERITA REKOMENDASI