Kodim Bantul Selenggarakan Literasi Media

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Jajaran Kodim Bantul menyelenggarakan kegiatan literasi media di aula makodim setempat, Selasa (27/03/2018). Kegiatan ini merupakan bentuk pencegahan terhadap paham radikal dan terorisme yang berkembang dan menjadi faktual bagi masyarakat Indonesia.

Kegiatan ini diikuti seluruh prajurit Kodim Bantul, PNS dan persit setampat. Pemateri dalam kegiatan ini yakni Kepala Penerangan Korem (Kapnrem) 072 Pamungkas, Mayor (Caj) Samsul Maarif.

"Fenomena radikalisme yang semakin luas merambah ke dunia maya (virtual world). Hal ini menunjukkan adanya celah yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok organisasi radikal dan teroris dalam menyebarkan paham radikalisme,” tegasnya.

Upaya-upaya propaganda radikalisme seperti ini mudah menyebar keseluruh dunia karena perkembangan teknologi komunikasi. Maraknya berbagai aplikasi dan sarana media sosial serta kemudahan dalam mengakses berbagai situs juga dianggap sebagai salah satu media yang dipergunakan menyebarkan propaganda.

Ia meminta kepada seluruh prajurit untuk lebih bijak dalam menerima informasi yang ada. Kroscek, mencari sumber informasi serta tak mudah menyebarkan berita-berita mengarah hoax adalaha cara efektif untuk menangkal propaganda tersebut. (Van)

BERITA REKOMENDASI