Kodim Bantul Tutup Nobar Film PKI

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jajaran Kodim 0729 Bantul telah selesai menggelar rangkaian acara nonton bareng (nobar) pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI, Sabtu (30/09/2017). Selama 10 hari pemutaran film karya sutradara Arifin C Noer ini telah diputar di 149 lokasi di 17 kecamatan yang ada wilayah Kabupaten Bantul.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan kepada masyarakat akan sejarah yang pernah terjadi pada tahun 1965 di negeri ini. Tujuannya agar masyarakat mengetahui jika PKI itu memang gerakan terlarang yang mengancam keutuhan bangsa,” tegas Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) Bantul, Mayor (Inf) Suwarno kepada KRJOGJA.com, Sabtu (30/09/2017).

Selama rangkaian kegiatan pemutaran film di berbagai desa tersebut masyarakat selalu menyambutnya dengan antusias. Selain memutar di berbagai desa dan markas-markas Koramil, jajaran Kodim Bantul juga memfasilitasi kelompok maupun organisasi masyarakat (ormas) yang ingin menggelar kegiatan nonton bareng secara swadaya.

Seperti halnya kegiatan nobar film pengkhianatan G30S/PKI yang dilaksanakan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Bantul di Pendopo Parasamya, Jumat (28/09/2017) lalu. Sekitar 2.000 orang memadati tempat tersebut untuk menyaksikan film berdurasi hampir selama 3 jam itu.

Suwarno berharap masyarakat dapat mengambil hikmah dan pesan positif yang ingin disampaikan dalam film tersebut. Kewaspadaan masyarakat juga harus terus ditingkatkan agar bahaya laten komunis maupun paham-paham radikal lainnya tak lagi tumbuh. (Van)

BERITA REKOMENDASI