Kolaborasi UMKM Yogya, Luncurkan Role Model Bisnis di Tengah Pandemi

BANTUL, KRJOGJA.com – Sejumlah pelaku UMKM di Yogyakarta berkolaborasi membuat role model bisnis di tengah pandemi Covid-19. Gagasan role model bisnis tersebut dikemas dalam acara Grand Opening Samila Kitchen & Store dan Coday Coffee Lab & Roastery di Jalan Ahmad Wahid, Kampung Wiyoro, Banguntapan Bantul, Jumat (21/8/2020).

“Role model usaha yang diluncurkan ini dapat menjadi acuan strategi dan manajemen bagi pelaku usaha di tengah pandemi dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan usaha,” kata Melinda, Marketing Communication Coday Coffee Lab & Roastery disela acara peluncuran.

Menurut Melinda, ide role model usaha ini bermula dari banyaknya pelaku usaha yang mengeluhkan omset menurun drastis sesaat setelah Covid-19 melanda Indonesia pada pertengahan Maret lalu. Bahkan, di antara pelaku usaha gulung tikar lantaran tidak kuat menahan beban operasional yang harus dikeluarkan mengingat pandemi masih berlangsung.

Harapan para pengusaha ini muncul ketika pemerintah mulai memberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk memulihkan perekonomian di tanah air. Melinda juga menjelaskan, Samila Kitchen & Store merupakan salah satu restoran yang mengusung tema halal & toyib dengan konsep modern dengan sedikit sentuhan timur tengah. Baik itu pada desain interior maupun beberapa menu adalan.

“Jadi, kunci dari strategi bisnis di tengah pandemi adalah penggunaan produk lokal. Pelaku bisnis dapat mengolah produk lokal dengan menu khas luar negeri seperti menu khas timur tengah yaitu Lamb Khousari,” tuturnya.

Di komplek bisnis ini juga terdapat Coday Coffee Lab and Roastery sebagai wahana edukasi dan teknologi. Sebagai laboratorium, Coday berupaya terus menghasilkan produk-produk olahan kopi berkualitas. Selain itu, Coday juga mengedepankan edukasi kopi melalui kelas-kelas kopi yang dibuka untuk umum seperti kelas sensory, brewing, barista, roaster, dan manajemen.
“Coday Coffee Lab and Roastery juga mengembangkan sistem IOT yang dapat membantu dalam proses roasting kopi,” pungkas Melinda. (Dev)

BERITA REKOMENDASI