Koleksi Perpustakaan Bantul Capai 140 Ribu Buku

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Keberadaan Taman Masyarakat (TBM) Helicopter Gobook Maos Rumah Kebugaran Difabel Pinilih di Dusun Gubug Kalurahan Argosari Kapanewon Sedayu Bantul memberikan kontribusi besar dalam mewujudkan budaya literasi di masyarakat. TBM Holicopter, sangat konsen dalam mendorong literasi kaum difabel sekaligus memenuhi hak pendidikan penyandang disabilitas yang masih perlu ditingkatkan.

Hal tersebut mengemuka dalam kunjungan dan bincang santai bersama Bunda Literasi Kabupaten Bantul, Hj Emi Masruroh Abdul Halim di TBM Helicopter, Kamis (30/06/2022). Ia mengatakan apa yang sudah dilakukan TBM Holicopter terhadap masyarakat sangat banyak.

“Apa yang dilakukan jauh lebih panjang dan lebar daripada yang diceritakan, saya yakin itu. Pada kenyataannya apa yang dilakukan komunitas ini tentu sangat diharapkan kehadirannya masyarakat, ” ujar Emi Masruroh.

Menurutnya, TBM Holicopter mampu menciptakan rasa nyaman bagi penyandang disabilitas dan bisa memberikan makna hidup lebih berarti. “Saya sangat merasa bersyukur sekali, bisa berjumpa semuanya yang ada di sini sebagai orang-orang yang terpilih. Tentunya teman-teman yang konsen mendampingi mereka,” ujarnya.

Proses TBM Holicopter menjadi seperti ini butuh perjuangan yang tidak mudah. “Karena mendidik, mengajarkan banyak hal kepada yang seperti kita saja itu susah sekali, apalagi kepada teman-teman saudara-saudara panyandang disabilitas. Perjuangan TBM Holicopter itu sesuatu yang istimewa,” jelasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Sukrisna Dwi Susanta mengatakan layanan dan masyarakat yang ingin menjadi anggota perpustakaan itu sudah bisa online. “Tetapi seandainya menghendaki untuk membaca buku-buku di perpustakaan, kami mempunyai koleksi buku sejumlah kurang lebih 140.000 buku,” ujarnya.

Terkait layanan perpustakaan melayani secara elektronik, digital dan sudah membuka aplikasi namanya aplikasi Bantul Pinter. “Bapak ibu bisa buka beberapa judul di dalamnya kami sediakan di dalam Bantul pinter itu ada sekitar 44.000 judul buku. Selain itu lewat TBM Holicopter ini kita tingkatkan literasi serta minat baca,” jelasnya.

Ketua TBM Holicopter, Maria Tri Suhartini mengatakan, jika kehadiran Bunda Literasi jadi penyemangat TBM Holicopter. “Kami sangat bersyukur dan ini adalah kekuatan bagi kami karena kehadiran Ibu Emi Masruroh memberikan kami semangat untuk lebih berjuang terutama untuk hak penyandang disabilitas,” ujarnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI