Kompetensi Diperkuat, Dunia Kerja Tak Hanya Menuntut Ijazah

BANTUL, KRJOGJA.com – Dunia kerja saat ini tidak hanya dituntut memperoleh ijazah tetapi lulusan Perguruan Tinggi (PT) dituntut memperkuat kompetensi.

“Dunia kerja, selain menuntut standar kualifikasi lewat ijazah, juga sangat menuntut penguasaan kompetensi, soft skill, dan jiwa entrepreneurship atau wirausaha. Pengalaman berbagai kegiatan dan latihan kerja di bidang seni yang sudah terbangun selama proses belajar telah memperlihatkan kemandirian. Hal ini tentu memperkuat kompetensi dan mental supaya tidak tergantung pada lapangan kerja formal dari pemerintah,” ujar Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M. Hum usai pembukaan pelaksanaan Wisuda Semester Gasal Tahun 2020/2021 dengan menggunakan blended system, luring terbatas dan daring, Selasa (31/3).

Ditambahkannya zaman teknologi informasi dan digitalisasi seperti saat ini, lulusan diharapkan lahir sebagai sumber daya manusia baru dengan mindset dan cara memecahkan masalah sesuai dengan berbagai tantangan di era revolusi industri 4.0 dengan kecepatan penggunaan teknologi internet dan digitalisasi.

BERITA REKOMENDASI